Assalamu’alaikum.wr.wb…..
Salam
cerdas untuk sahabat sekalian, pada artikel kali ini akan dikemukakan teori
minat dari sejumlah ahli untuk mengkaji masalah minat :
Minat
adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu, gairah, keinginan.
Menurut
Slameto dalam bukunya yang berjudul Belajar dan Faktor-faktor yang
mempengaruhinya, Slameto berpendapat bahwa minat merupakan kecenderungan yang
tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan.
Menurut
Bimo Walgito dalam bukunya berjudul ilmu pendidikan Islam mengatakan bahwa
minat adalah suatu keadaan dimana seseorang mempunyai perhatian sesuatu dan
disertai dengan keinginan untuk mengetahui dan mempelajari maupun membuktikan
lebih lanjut.
Menurut
Sardiman A.M. dalam bukunya yang berjudul Interaksi dan Motivasi Belajar
Mengajar menerangkan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar, minat merupakan hal
yang sangat penting. Seorang pengajar akan berhasil dengan baik dalam proses
belajar mengajar bila terlebih dahulu telah mengetahui apa yang menjadi minat
siswa. Kalau seoarng pengajar telah mengetahui minat dalam diri siswa maka
pengajar akan optimal dalam memberikan materi pelajaran. Dengan demikian, siswa
akan berhasil dengan baik dalam belajarnya apabila siswa itu mempunyai minat
atau keinginan untuk belajar dengan sungguh-sungguh.
M.
Basyirudin Usman dalam bukunya yang berjudul Metodologi Pembelajaran Agama
Islam, menjelaskan bahwa seorang pengajar harus dapat menimbulkan minat belajar
pada anak. Beberapa eksperimen membuktikan adanya peranan minat (dorongan) yang
sangat besar untuk membangkitkan aktivitas dan gairah belajar. Minat belajar
sebagai suatu proses mengantarkan murid kepada pengalaman yang memungkinkan
mereka dapat belajar.
Fungsi
dari minat belajar itu sendiri antara lain :
a.
Memberi semangat dan mengaktifkan murid agar tetap
berminat.
b.
Memusatkan perhatian anak pada tugas-tugas tertentu.
c.
Membantu memenuhi kebutuhan akan hasil jangka pendek dan
hasil jangka panjang.
J.
R. David sebagaimana dikutip oleh Wina Sanjaya dalam bukunya Strategi
Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, menjelaskan bahwa cara
mengajar adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa
agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Dalam
strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan. Artinya, bahwa strategi
pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan
diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran.
Menurut
Z Kasijan dalam bukunya yang berjudul psikologi pendidikan, menerangkan tentang
pengertian minat belajar yaitu sesuatu yang dapat memberi pengaruh terhadap
pengalaman yang telah distimuli oleh proses usaha yang dilakukan seseorang
untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru selain keseluruhan,
sebagai hasil pengalaman dalam interaksi dengan lingkungan.
Wassalamu’alaikum.wr.wb…..
Salam cerdas…..
Belum ada tanggapan untuk "Pengertian dan Definisi Minat dari Sejumlah Para Ahli / Pakar Minat untuk Mengkaji Masalah Minat"
Post a Comment