Pengertian dan Definisi Minat dari Sejumlah Para Ahli / Pakar Minat untuk Mengkaji Masalah Minat

Assalamu’alaikum.wr.wb…..

Salam cerdas untuk sahabat sekalian, pada artikel kali ini akan dikemukakan teori minat dari sejumlah ahli untuk mengkaji masalah minat :

Minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu, gairah, keinginan.  

Menurut Slameto dalam bukunya yang berjudul Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Slameto berpendapat bahwa minat merupakan kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan.

Menurut Bimo Walgito dalam bukunya berjudul ilmu pendidikan Islam mengatakan bahwa minat adalah suatu keadaan dimana seseorang mempunyai perhatian sesuatu dan disertai dengan keinginan untuk mengetahui dan mempelajari maupun membuktikan lebih lanjut.

Menurut Sardiman A.M. dalam bukunya yang berjudul Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar menerangkan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar, minat merupakan hal yang sangat penting. Seorang pengajar akan berhasil dengan baik dalam proses belajar mengajar bila terlebih dahulu telah mengetahui apa yang menjadi minat siswa. Kalau seoarng pengajar telah mengetahui minat dalam diri siswa maka pengajar akan optimal dalam memberikan materi pelajaran. Dengan demikian, siswa akan berhasil dengan baik dalam belajarnya apabila siswa itu mempunyai minat atau keinginan untuk belajar dengan sungguh-sungguh.
M. Basyirudin Usman dalam bukunya yang berjudul Metodologi Pembelajaran Agama Islam, menjelaskan bahwa seorang pengajar harus dapat menimbulkan minat belajar pada anak. Beberapa eksperimen membuktikan adanya peranan minat (dorongan) yang sangat besar untuk membangkitkan aktivitas dan gairah belajar. Minat belajar sebagai suatu proses mengantarkan murid kepada pengalaman yang memungkinkan mereka dapat belajar.

Fungsi dari minat belajar itu sendiri antara lain :
a.   Memberi semangat dan mengaktifkan murid agar tetap berminat.
b.   Memusatkan perhatian anak pada tugas-tugas tertentu.
c.   Membantu memenuhi kebutuhan akan hasil jangka pendek dan hasil jangka panjang.

J. R. David sebagaimana dikutip oleh Wina Sanjaya dalam bukunya Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, menjelaskan bahwa cara mengajar adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan. Artinya, bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran. 

Menurut Z Kasijan dalam bukunya yang berjudul psikologi pendidikan, menerangkan tentang pengertian minat belajar yaitu sesuatu yang dapat memberi pengaruh terhadap pengalaman yang telah distimuli oleh proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru selain keseluruhan, sebagai hasil pengalaman dalam interaksi dengan lingkungan.

Wassalamu’alaikum.wr.wb….. Salam cerdas…..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian dan Definisi Minat dari Sejumlah Para Ahli / Pakar Minat untuk Mengkaji Masalah Minat"

Post a Comment