Tips / Cara Menulis Tembusan dan Pengertian Tembusan

Tembusan adalah bagian surat yang dipakai untuk menunjukkan adanya pihak atau orang lain yang juga menerima surat itu selain penerima surat. Surat tersebut perlu diketahui juga oleh pihak lain yang mendapat tembusan surat tersebut. Tembusan surat berguna untuk menghitung jumlah lembar surat yang akan diketik sesuai dengan keperluan.

Contoh

Tembusan:
1.   Para Pembantu Rektor
2.   Para Dekan UPI Bandung
3.   Para Ketua Jurusan UPI Bandung

Tembusan:
1.   Yth. Bapak Camat Banjar
2.   Yth. Bapak Kapolsek Banjar
3.   Yth. Bapak Danramil Banjar

Pada akhir penulisan tembusan seperti di atas, tidak perlu ditulis kata arsip sebab secara otomatis, setiap pembuatan surat ada satu helai yang disimpan sebagai arsip pada instansi yang bersangkutan.

Postingan terkait:

12 Tanggapan untuk "Tips / Cara Menulis Tembusan dan Pengertian Tembusan"

  1. tembusan itu cara penulisannya berdasarkan apa? no. 1 jabatan tertinggi dan nomor selanjutnya jabatan yang selanjutnya akan menerima tembusan kah? atau gmn ya? Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. maksud saya tembusan iyu ditulis dari yang tertinggi jabatanya ke yg terendah atau sebaliknya, mohon penjelasan.

    ReplyDelete
  3. Jabatan tertinggi ke yang terendah

    ReplyDelete
  4. tembusannya dikirim dalam bentuk fotocopy surat utama atau surat baru yang ditujukan kepada yang ditembusi?

    ReplyDelete
  5. klau yang ditembusi satu orang, pake nomor juga atau gimana yah?

    ReplyDelete
  6. Apakah plt disebutkan dalam tebusan surat dinas?

    ReplyDelete
  7. Bagaimana jika tembusan surat ternyata tidak di sampaikan

    ReplyDelete