Alat-Alat Kecantikan dan Kegunaannya, Materi Tata Kecantikan Kulit Jilid 2 SMK

Salam cerdas…..

A.  Kategori Alat-Alat Kecantikan

Pada Bab ini akan dibahas berbagai jenis peralatan kecantikan meliputi alat-alat : perawatan wajah, perawatan tangan dan kaki, perawatan badan, perawatan payudara dan merias wajah.Jenis alat kecantikan dikategorikan pada perangkat kerja secara teknis (tools kit) dan perabot untuk penunjang perawatan kecantikan. Berikut adalah uraian tentang alat-alat kecantikan dan kegunaan nya sesuai ruang lingkup materi :

B.  Alat-Alat  Teknis  (Tool Kit)

1.   Alat-Alat Teknis Perawatan Kulit Wajah

Alat-alat teknis secara spesifik dikelompokkan berdasarkan sumber energi yang dipergunakan ; yakni alat listrik dan alat manual atau non listrik.

a.   Alat Non Listrik Perawatan Kulit Wajah

Alat jenis ini adalah alat yang dipergunakan untuk perawatan kulit wajah secara manual tanpa menggunakan energi listrik, antara lain : sendok una, pinset, kuas masker, spons  dan  waslap.

b.  Alat Listrik Perawatan Kulit Wajah

1)  Mobile Skin Treatment

Mobile skin treatment adalah alat elektrik yang digunakan untuk perawatan kecantikan yang didesain multi fungsi, yakni terdiri dari beberapa alat perawatan dalam satu unit alat. Berbagai produsen alat kecantikan telah memodifikasi dengan perkembangan teknologi serta perkembangan terkini dari metode perawatan kecantikan sehingga dalam satu unit terdiri dari : Vaporiser, high frequency, ultrasonic, vibrator, vacuum suction, galvanic, frimator dan lainnya sesuai inovasi dari produsen alat.

Kelebihan dari penggunaan alat ini adalah efektif dalam pemanfaatan area dan proses kinerja. Kelemahan nya apabila terjadi gangguan pada salah satu item, satu unit alat tersebut harus ditarik seluruhnya untuk proses perbaikan.

Berikut adalah contoh dari Mobile skin treatment

2)  Frimator
Alat kecantikan ini menggunakan energi listrik atau batre yang menimbulkan gerakan mekanik berupa rotasi ringan pada kulit wajah. Alat ini berguna untuk pembersihan mendalam (deep cleansing). Alat ini ada yang berupa satu unit sendiri ada pula yang tergabung dalam satu unit yang berupa compact mobile skin treatment.
3)  Galvanic
Galvanic adalah Jenis alat listrik kecantikan arus searah yang berdaya guna ionisasi, dimanfaatkan untuk meresap kan kosmetik pemupuk yang berbentuk ekstrak (ionthoporesis), atau disincrustasi.
4)  High Frequency
Jenis alat listrik kecantikan dengan frekuensy tinggi yang berdaya guna mengubah energi listrik menjadi energi cahaya yang mengandung anti bakteri, dimanfaatkan untuk mensterilkan jerawat.

5)  Pulverisator
Jenis alat untuk mengaplikasi kan kosmetik penyegar melalui teknik penyemprotan, sehingga penyegar dapat berubah menjadi partikel yang lebih halus, tersebar keluar dan lebih mudah masuk ke dalam pori-pori kulit.

6)  Radio Frequency Facelift
Radio Frequency Facelift adalah alat yang digunakan untuk mengencangkan kulit dan menjadikan kulit tampak muda kembali. Radio Frequency Facelift menggunakan teknik mengencangkan kulit yang bersifat nonivasif (tanpa memasukkan bahan-bahan ke dalam tubuh) sehingga penggunaan alat ini sangatlah aman dan tanpa efek samping.

Radio Frequency Facelift bekerja dengan cara melepaskan energi radiofrequency ke dalam kulit bagian dalam yang menyebabkan kolagen di dalam kulit berkonsentraksi dan mengerut. Proses pengerutan ini membuat kulit bagian atas menjadi kencang dan terangkat. Proses ini juga merangsang kulit untuk membentuk atau mereproduksi kolagen baru. Proses pembentukan kolagen baru berlangsung dalam beberapa bulan sehingga membuat hal ini menjadi satu keuntungan lebih dari perawatan dengan menggunakan alat Radio Frequency Facelift. Selain dari itu alat ini mampu menembus lapisan kulit bagian bawah sehingga tidak merusak kulit bagian atas. Para operator mesin ini juga akan menggunakan electrode gel untuk menjaga keadaan kulit bagian atas.

Proses perawatan ini tidak sakit dan tidak memerlukan obat bius dan dilakukan hanya dengan satu kali perawatan saja. Lama waktu perawatan Radio Frequency Facelift sekurang-kurangnya satu jam. Hasilnya dapat dirasakan setelah 4-6 minggu (2 kali seminggu) perawatan.
Fungsi/Manfaat Alat Radio Frequency Facelift :

§  Untuk mengencangkan kulit.
§  Membantu menghilangkan lemak jerawat.
§  Mengecilkan pori-pori.
§  Mengangkat kulit ke bagian mata.
§  Mengurangi lingkar mata yang berwarna hitam.
§  Mencerahkan warna kulit.
§  Keuntungan jangka panjang : merangsang pertumbuhan kolagen yang baru.

7)  Vapozone
Jenis alat kecantikan yang dioperasikan dengan tenaga listrik, berdaya guna mengeluarkan uap yang mengandung anti bakteri.
2.   Alat Perawatan Tangan dan Kaki

Alat perawatan tangan dan kaki atau sering disebut alat manikur dan pedikur, merupakan alat-alat teknis yang secara spesifik dikelompokkan berdasarkan energi yang dipergunakan, yakni alat listrik dan alat manual atau non listrik.

a.   Alat Non Listrik Perawatan Tangan dan Kaki

1)  Orangewood Stick
Alat untuk memberi krim, minyak atau obat pelarut pada kuku dan kulit kuku.
2)  Nail File (kikir kuku)
Adalah alat untuk memberi bentuk dan melicinkan sisi kuku.
3)  Cuticle Pusher (pendorong kutikula)
Alat yang digunakan untuk menekan ke belakang dan melepas kutikula
4)  Tang kulit kuku atau gunting kulit kuku
Tang adalah alat yang digunakan untuk merapikan kulit kuku.
5)  Nail Brush (sikat kuku)
Adalah alat yang digunakan untuk membersihkan kuku dan ujung-ujung jari dengan bantuan air hangat yang mengandung sabun.
6)  Emory Boards (kikir ampelas)
Emory boards digunakan untuk membentuk, merapihkan dan menghaluskan kuku.
7)  Nail Buffer
Berfungsi untuk menggosok kuku.
8)  Pinset (penjepit)
Alat kecil ini digunakan untuk mengangkat potongan-potongan kulit yang kecil khususnya di sekitar jari.
9)  Nail Clipper
Nail clipper atau jepitan kuku adalah alat yang dipergunakan untuk memotong, merapikan dan membentuk ujung-ujung kuku
b.  Alat Listrik Perawatan Tangan dan Kaki

1)  Nail Dryer
Nail dryer atau alat pengering kuku adalah sejenis mesin yang dipergunakan untuk mengeringkan kuku, agar cat kuku yang dikenakan cepat mengering.
3.   Alat Perawatan Badan

Alat-alat teknis secara spesifik dikelompokkan berdasarkan sumber energi yang dipergunakan ; yakni alat listrik dan alat manual atau non listrik.

a.   Alat Non Listrik Perawatan Badan

Alat non listrik yang digunakan untuk perawatan badan diantaranya terdiri dari :
1)  Back Brush
Back Brush berfungsi membersihkan dan menggosok bagian punggung.
2)  Body Brush
Fungsi dari Body brush adalah untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati.
3)  Loofah
Loofah adalah sejenis spons dengan tekstur lebih kasar dari shower puff. Baik jika digunakan sehabis beraktifitas berat hingga kulit bersih sempurna.
4)  Shower puff
Shower puff sangat bermanfaat pada saat membersihkan bagian belakang badan, karena alat ini dapat menjangkau daerah belakang tubuh.
5)  Spons
Membersihkan tubuh dengan menggunakan spons dan dilakukan dengan lebih seksama, akan memberikan sensasi bersih yang optimal tanpa membuat iritasi. Untuk wajah gunakan spons khusus yang teksturnya lebih halus.
6)  Shower Cap
Shower cap berguna untuk menutup rambut agar terlindung dari cipratan air atau busa sabun.
7)  Batu apung
Ciri yang paling menonjol dari batu apung adalah teksturnya yang kasar namun cukup lunak. Batu apung berfungsi untuk membersihkan bagian-bagian yang kasar, seperti tumit kaki, lutut dan sikut tangan.
b.  Alat Listrik Perawatan Badan

1)  Bio Slim
Bio and far-infrared shaping machine atau bio slim adalah alat/mesin yang digunakan dalam upaya melangsingkan tubuh. Mesin ini menggunakan bio-elektrik dan far-infrared yang berfungsi untuk pelangsingan dan pembakaran lemak. Mesin bio dipasang di empat area sekaligus yang ingin dibentuk dan dibakar lemaknya, seperti paha, perut, lengan atas, punggung dan sebagainya.
2)  Kapsul Infra Merah, Ozon dan Bio Elektrik Slimmer
Salah satu treatment kombinasi yang menggabungkan tiga komponen yang berperan dalam proses pembakaran lemak ini, memberikan hasil yang sangat memuaskan, terutama pada mereka yang memiliki masalah yang cukup serius dalam menurunkan berat badan. Mesin ini sangat efektif dalam menurunkan berat badan, sekitar 0,5 – 3 kg setiap kali melakukan perawatan.
3)  Laserpunktur
Teknik laserpunktur adalah alat yang menggunakan sinar laser infra merah dengan panjang gelombang 800 nm dan kekuatan 100 mw. Alat ini digunakan pada terapi untuk menurunkan berat badan/melangsingkan badan. Salah satu keunggulan dari alat Laserpunktur ini dapat menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme tubuh.
4)  Laser Blue
Laser blue merupakan sistem biostimulating atau soft laser yang menggunakan energi cahaya dengan kapasitas panjang gelombang 905 nm. Alat ini digunakan untuk menghancurkan lemak dalam tubuh, dan penggunaannya relatif aman, karena kekuatan laser yang diterapkannya hanya pada batas level 1.
4.   Alat Perawatan Payudara

Alat perawatan payudara terdiri dari :

a.   Vibro Massage
Vibro massage adalah alat yang digunakan untuk memijat payudara agar dihasilkan payudara yang kencang, kenyal dan berbentuk indah.
b.  Micro Peel
Alat Micro Peel digunakan untuk melancarkan aliran darah dan kelenjar-kelenjar di dalam payudara, Sehingga payudara akan tampak lebih sehat bercahaya, kencang dan elastisitas nya bertambah.
5.   Alat Tata Rias

Alat yang digunakan untuk merias wajah terdiri dari :

a.   Kuas dan Sikat

1)  Sikat Alis
Berbentuk seperti sikat gigi, umumnya dilengkapi pula dengan sisir kecil yang saling berpunggungan. Fungsinya untuk merapikan alis sebelum dan sesudah dibentuk serta “diisi”.

2)  Sikat Bulu Mata
Sikat dengan bulu-bulu yang diposisikan melingkar seperti sepiral. Bulu-bulu pada sikat ini bersifat kasar. Fungsinya untuk membebaskan bulu mata dari serpihan maskara yang menggumpal.

3)  Kuas Alis
Memiliki bulu-bulu halus atau kasar, dengan ujung menyerong. Kuas ini digunakan untuk membaurkan pensil alis atau eyeshadow yang telah diaplikasikan pada alis, sehingga alis terlihat rapi dan natural.
4)  Kuas Eye Liner
a)  Kuas dengan bulu-bulu halus, agak panjang dan ramping. Dalam keadaan basah kuas ini dapat digunakan untuk melukis eyeliner. Dalam keadaan kering, kuas ini dapat digunakan sebagai aplikator eyeliner cair.
b) Kuas dengan bulu-bulu halus, agak gemuk, berujung membulat. Berfungsi untuk menghaluskan atau membaurkan eyeliner yang diciptakan menggunakan pensil mata.
5)  Kuas Bibir
Berukuran sedang, dengan bulu lembut dan berujung lancip. Digunakan untuk membubuhkan pewarna bibir atau lip gloss  pada bibir.
6)  Kuas Concealer
Memiliki ukuran bervariasi, kecil atau besar, dengan bulu lembut atau rata. Kuas ini digunakan untuk membubuhkan concealer pada noda-noda kecil pada wajah atau sudut-sudut mata yang sulit dijangkau.
7)  Kuas Eyeshadow
a)  Berbentuk pipih, berujung tipis, dengan bulu-bulu bertekstur lembut. Fungsinya sebagai pembentuk garis (ujung kuas pada posisi mendatar), selain untuk mengisi dan pembaur warna (ujung  kuas dalam posisi berdiri).
b) Lebih gemuk, berujung membulat, memiliki bulu-bulu bertekstur lembut. Kuas ini digunakan untuk membantu menghaluskan hasil sapuan gradasi warna eyeshadow. Pengaplikasiannya tidak memerlukan satu titik berat. Fungsi lain kuas ini adalah untuk membentuk serta menghaluskan bayangan hidung.

Kuas ini terdiri atas berbagai ukuran. Ukuran kecil digunakan sebagai aplikator pada daerah yang membutuhkan titik berat atau membentuk garis, misalnya pada sudut mata atau tepian kelopak mata.  Kuas besar untuk membentuk highlight. Pada prinsipnya makin ke atas ukuran kuas yang digunakan, makin besar. Untuk warna lebih pekat, kuas dapat digunakan dalam keadaan basah.
8)  Kuas Kipas
Berbentuk pipih dan melebar menyerupai kipas. Terbuat dari bulu-bulu yang sangat halus. Kuas ini diperlukan untuk membersihkan wajah dari serpihan-serpihan kosmetik yang rontok.

9)   Kuas Shading
Kuas dengan bulu-bulu yang lembut, tebal dan berujung menyerong. Digunakan untuk mengaplikasikan shading pada bagian-bagian wajah yang bersudut, seperti hidung atau rahang.

10)   Kuas Blush-on
Kuas besar bergagang langsing dengan ketebalan bulu sedang. Berfungsi untuk menyapukan blush-on pada pipi atau bagian wajah lainnya.

11)   Kuas Powder
Kuas bergagang besar dengan bulu-bulu yang lembut dan gemuk. Kuas ini digunakan untuk mengaplikasikan loose powder pada wajah. Bisa juga digunakan untuk melakukan finishing, yaitu untuk membaurkan kosmetik pada akhir riasan.
b.  Spons dan Puffs

1) Spons rias atau make-up sponges bentuknya bulat dan segi empat, halus juga lembut dipergunakan untuk meratakan foundation pada  kulit wajah.
2)  Puff bedak atau powder puff / cotton wool bentuknya bulat dan lembut dipergunakan untuk meratakan dan menghilangkan bedak tabur pada wajah.
3) Spons pembersih riasan mata atau spongse applicator, bentuknya kecil dan lembut dipergunakan untuk meratakan, membaurkan dan menghilangkan serbuk riasan mata.
c.   Alat-alat Penunjang Tata Rias

Lenan yang biasa digunakan untuk merias wajah adalah cape, bandana, handuk kecil dan waslap Cape dipakai untuk menutup pakaian pada waktu dirias agar tidak kotor terkena percikan kosmetik, bandana dipakai untuk mengikat rambut agar tidak mengganggu pada waktu wajah dirawat atau dirias, handuk kecil digunakan untuk menutup kepala atau rambut sebagaimana bandana pada waktu merawat wajah atau digunakan untuk melembabkan kulit wajah pada waktu kulit wajah akan dirawat, dan waslap digunakan untuk mengangkat masker dan untuk melembabkan kulit wajah yang akan dirawat.

1)  Bahan pelengkap lain yang biasa digunakan dalam merias atau merawat kulit wajah adalah barang yang habis untuk sekali pakai seperti tissue, cotton bud, kapas, dan es batu. Bahan pelengkap tersebut digunakan untuk membantu mendapatkan hasil rawatan dan riasan yang rapih dan tahan lama.
2) Penjepit bulu mata digunakan untuk melentikkan bulu mata pada waktu menggunakan maskara.
3) Pisau alis dan pinset digunakan untuk membentuk alis mata, mencabut bulu alis yang berlebihan dan memotong rambut di alis mata.
4)  Gunting kecil, digunakan untuk menggunting scotch dan untuk memotong bulu mata palsu yang terlalu panjang.
5)  Scotch tape sangat berguna untuk mengoreksi mata yang tidak seimbang atau mengganjal kelopak mata agar menjadi lebih besar. Scotch tape dibuat dari bahan sejenis plastik atau bahan yang membuat eye shadow mudah menempel pada kelopak mata.
6)  Lem bulu mata berupa lem khusus untuk merekatkan bulu mata palsu pada mata.
7)  Bulu mata palsu, digunakan untuk membuat bulu mata tampak lebih panjang, lebat, dan indah yang menunjang kesempurnaan penampilan atau riasan wajah. Bulu mata palsu terbuat dari bahan sintetis dengan ketebalan yang beragam dan terdapat dalam berbagai model yaitu :
a)  Bulu mata bawah. Bulu mata bawah ini akan memberikan kesan cantik pada mata. Bulu mata ini menjadikan seseorang tampil ala baby doll. Bulu mata ini bisa dipotong dan bisa digunakan hanya setengah.
b) Bulu mata angsa. Bulu mata angsa bagian ujung bulu matanya lebih panjang. Dengan bulu mata angsa seseorang tampak unik dan tampil beda, sehingga sangat cocok dipakai oleh seseorang yang senang bereksperimen dan senang menjadi pusat perhatian.
c)  Bulu mata menyamping dan lebat. Hampir semua bulu mata palsu, lentik dan ke depan, tetapi bulu mata palsu ini bentuknya menyamping. Bagi yang memiliki mata belo dan ingin tampak lebih kecil, bulu mata jenis ini sangat membantu dalam membuat penampilan mata terkesan lebih sipit.
d) Bulu mata berwarna. Bulu mata tidak selamanya berwarna hitam, tetapi ada juga bulu mata yang beraneka warna. Bulu mata warna dapat diserasikan ketika menggunakan rambut palsu dengan warna-warna yang mencolok. Bulu mata ini bisa menjadi paduan yang menarik, karena dapat diserasikan dengan warna rambut palsu atau warna busana yang digunakan.
e) Bulu mata yang menampilkan kesan kemilau. Bagi yang suka berpenampilan glamour, bulu mata palsu ini sangat cocok digunakan. Pada malam hari, kemilai dari bulu mata palsu ini akan sangat terlihat, karena bulu mata ini ditaburi butiran-butiran aksesoris seperti mutiara, mote, payet atau kristal.
f)   Bulu mata silang. Bulu mata jenis ini akan membuat penampilan mata terlihat sempurna. Bulu mata ini sangat cocok digunakan untuk acara pesta dan mata terlihat berkarakter.
g) Bulu mata per-satuan. Bulu mata ini bentuknya persatuan, jadi bisa digunakan pada bagian-bagian tertentu yang ingin terlihat panjang atau tebal. Bagian ujung-ujung bulu mata, biasanya yang ingin terlihat tebal dan panjang.
h)  Bulu mata bawah natural. Bulu mata palsu ini fungsinya hanya untuk mempertebal bulu mata bawah, dengan menambahkan bulu mata bawah sehingga mata terkesan lebih hidup.
i)  Bulu mata tebal bentuk zig-zag. Bulu mata palsu ini bisa dijadikan kreasi bila ingin mencoba bermacam-macam karakter, dan riasan mata akan terlihat unik.
8)  Scotch Tape Glitter atau selotip mata yang berkilau selain berfungsi untuk memperbesar kelopak mata, juga sangat efektif untuk diaplikasikan sebagai perona mata yang memberikan kesan dramatis dan glamour. Intensitas efek kilau yang dimunculkan scotch tape glitter lebih besar dibandingkan dengan penggunaan eye shadow yang mengandung glitter.

6.   Perabot Tata Kecantikan Kulit

Peralatan berikut ini sangat menunjang dalam proses perawatan dan penataan kecantikan. Di pusat-pusat penataan kecantikan, peralatan ini dibuat dalam bentuk yang sangat ergonomis dan estetis, sehingga memberikan kenyamanan yang optimal pada klien saat menjalani perawatan. Peralatan ini adalah sebagai berikut :

a.   Hidraulik Chair
Hidraulik Chair adalah sejenis tempat duduk atau kursi yang digunakan ketika melakukan proses merias wajah. Bentuk, model dan ukuran kursi ini bermacam-macam. Tinggi rendahnya kursi ini bisa distel atau diatur secara manual disesuaikan dengan tinggi badan yang yang dirias atau orang yang merias.
b.  Ring Chair
Ring Chair adalah sejenis kursi tanpa sandaran, umumnya berbentuk bulat dan dapat diatur tinggi rendahnya secara manual sesuai kebutuhan. Kursi ini biasa digunakan pada proses perawatan tangan dan kaki, atau kursi untuk menunggu treatment.
c.  Electronic Beauty Facial Bed
Electronic Beauty Facial Bed adalah sejenis tempat tidur (bed) yang digunakan khusus untuk perawatan wajah (facial). Bed elektronik ini dapat diatur tinggi rendahnya juga sandarannya secara otomatis menggunakan bantuan listrik. Bed ini termasuk ke dalam alat kecantikan dengan menggunakan teknologi.
d.   Manicure Desk
Manicure desk adalah perangkat peralatan yang digunakan pada proses perawatan tangan (manicure).
e.    Trolley
Trolley adalah semacam lemari atau rak untuk wadah atau tempat menyimpan berbagai alat dan kosmetika yang akan digunakan. Rak ini terdiri atas beberapa tahap dan dapat digeser sesuai kebutuhan karena di bagian bawahnya terdapat roda yang bisa memutar.
f.  Towel Steamer
Towel steamer adalah alat untuk menghangatkan dan menstrerilkan handuk untuk perawatan kecantikan.
g.  Sterilizer / Box Sterilizer
Sterilizer / Box Sterilizer adalah alat yang berfungsi untuk menstrerilkan peralatan kecantikan. Alat ini dapat berbentuk bulat, atau kotak yang di dalamnya terdapat lampu sinar ultraviolet yang mempunyai daya anti bakteri.
h.    Hidraulic Beauty Facial
Hidraulic Beauty Facial adalah sejenis bed untuk proses perawatan wajah (facial). Hidraulic artinya tidak otomatis, manual atau tidak menggunakan bantuan listrik. Jadi bed jenis ini, meski bisa diatur tinggi rendahnya, atau sandarannya, tidak secara otomatis, tetapi diatur oleh alat pengatur yang dipasang di bagian bawah bed.
i.    Beauty Facial Bed
Beauty Facial Bed adalah sejenis bed yang khusus digunakan pada proses perawatan wajah seperti facial. Bed jenis ini merupakan bed model lama dan digunakan untuk perawatan wajah secara manual. Tinggi bed sudah standar, artinya tidak bisa diubah.
j.   Beauty Case
Beauty case adalah tas atau koper yang khusus digunakan untuk tempat menyimpan kosmetik dan peralatan kosmetik, terutama pada saat akan melakukan perjalanan/bepergian.
k.    Display
Display adalah rak bersusun untuk memajang berbagai jenis kosmetik
l. Foot Bath Chair
Foot bath chair adalah kursi yang khusus digunakan pada proses perawatan kaki (pedikur).
m.  Knead Chair
Knead chair adalah kursi khusus yang digunakan pada proses perawatan kaki (pedikur), khususnya perawatan sekitar lutut.
Latihan Penguasaan Konsep

I.    Petunjuk : Berilah tanda silang (X) pada alternatif jawaban a, b, c, atau d, yang paling benar.

1.   Sikat dengan bulu-bulu yang diposisikan melingkar seperti sepiral, dan bersifat kasar adalah:
a.   Sikat bulu mata
b.   Sikat alis
c.   Sikat bibir
d.   Sikat bedak

2.   Kuas ini digunakan untuk membubuhkan kosmetik pada noda-noda kecil di wajah atau sudut-sudut mata yang sulit dijangkau adalah :
a.   Kuas alis
b.   Kuas bibir
c.   Kuas eye liner
d.   Kuas consealer

3.   Kuas kipas berbentuk pipih dan melebar menyerupai kipas. Kuas ini digunakan untuk :
a.   Mengaplikasikan shading pada bagian-bagian wajah yang bersudut
b.   Membersihkan wajah dari serpihan-serpihan kosmetik yang rontok
c.   Membantu menghaluskan hasil sapuan gradasi warna eyeshadow
d.   Membentuk garis, misalnya pada sudut mata atau tepian kelopak mata

4.   Alat untuk  melentikkan bulu mata adalah :
a.   Kuas maskara
b.   Penjepit bulu mata
c.   Pinset
d.   Scottape

5. Bulu mata yang sangat membantu dalam membuat penampilan mata terkesan lebih sipit adalah :
a.   Bulu mata angsa
b.   Bulu mata berwarna
c.   Bulu mata bawah
d.   Bulu mata silang

6.   Alat listrik yang berfungsi untuk membuka pori-pori dan melunakkan kulit adalah :
a.   Sebasfir
b.   Facial sauna
c.   Frimator
d.   High frekuensi

7.   Alat listrik yang digunakan pada proses pengurutan dengan teknik menggetar disebut :
a.   Inferencial machine
b.   Vibrator
c.   Vacum Suction
d.   Vapozone

8.   Alat listrik yang digunakan untuk mengaplikasikan penyegar dengan teknik semprot adalah :
a.   Back brush
b.   Frimator
c.   Pulverisator
d.   Vibrator

9.   Towel steamer adalah alat yang berfungsi untuk :
a.   Menghangatkan dan menstrerilkan handuk perawatan
b.   Menstrerilkan alat-alat rias wajah
c.   Menghangatkan atau menguapi wajah yang akan dirawat
d.   Menempatkan alat-alat kecantikan

10.   Alat pelengkap yang digunakan untuk meratakan bedak dalam rias wajah adalah :
a.   Kuas
b.   Spons
c.   Handuk
d.   Kapas atau tissue

II.   Petunjuk : Jawablah pertanyaan berikut dengan benar, singkat dan jelas.

1.  Apa yang anda ketahui tentang jenis-jenis kuas, sebutkan 5 macam kuas berikut fungsinya masing-masing !
2. Jelaskan fungsi dari alat listrik frimator yang digunakan dalam perawatan wajah menggunakan teknologi !
3.  Sebutkan alat pelengkap yang habis digunakan dalam satu kali pemakaian dalam perawatan atau rias wajah !
4.  Apa yang anda ketahui tentang alat-alat yang digunakan dalam rias wajah, sebutkan dan jelaskan fungsi dari masing-masing alat tersebut !
5.   Jelaskan fungsi dari box strerilizer !

Demikian artikel tentang Alat-Alat Kecantikan dan Kegunaannya, Materi Tata Kecantikan Kulit Jilid 2 SMK, semoga berkah dan bermanfaat. Salam cerdas…..

Postingan terkait:

7 Tanggapan untuk "Alat-Alat Kecantikan dan Kegunaannya, Materi Tata Kecantikan Kulit Jilid 2 SMK"

  1. Terima kasih atas ilmu dan pengetahuan tentang alat2 kecantikannya...sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Kalo yg rambut jilid berapa kak?

    ReplyDelete
  3. Bagus informasi, coba info produk skin care juga ya. Seperti cream perawatan wajah sehari-hari.

    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  4. kalo alatnya lengkap bisa buka bisnis salon kecantikan, :D

    ReplyDelete
  5. Yuk berburu produk kecantikan pake promo cupondiskon

    ReplyDelete