Teknik Renang Gaya Dada

Gaya dada adalah gaya renang pertandingan pertama yang berkembang. Sekarang kita akan belajar tentang teknik dalam renang gaya dada. 

1. Sikap tubuh 

Ketika kedua lengan lurus di depan, sebagian besar dari kepala di bawah permukaan air, posisi bahu dan pinggul sedikit berada di permukaan air (streamline). Saat mengambil napas, kedua lengan melakukan rangkaian gerak mendayung keluar hingga kembali ke posisi istirahat untuk lurus di depan mengambil udara dari atas permukaan air cukup dengan mengangkat bagian kepala dengan leher. 

2. Gerakan kaki 

Gerakan kaki pada gaya ini adalah gerakan kaki yang cenderung membentuk gerakan kaki katak, dimana pada saat istirahat, yaitu fase ketika kedua tungkai kaki bagian bawah ditarik serentak mendekati pinggul, kemudian pergelangan kedua kaki diputar mengarah ke luar sudut membentuk sudut 500, kemudian dari posisi ini kedua kaki melakukan gerak menginjak dan diakhiri dengan menendang sehingga kedua kaki bertemu lurus di belakang. Gerak ini sering disebut dengan istilah propeller, dimana pergelangan kaki dan tungkai kaki bagian bawah berfungsi sebagai alatnya. 

Beberapa bentuk latihan: 
a.   Di tepi kolam renang memegang parit/tepi, dilakukan rangkaian gerak secara berjenjang. 
b.   Bila menggunakan papan latihan sambil jalan di kolam dangkal. 
c.   Tanpa menggunakan papan latihan, kedua lengan lurus di depan. 
d.   Bisa diberikan dengan sikap telentang, lakukan rangkaian gerak kaki gaya dada.



3. Pernapasan (breathing

Bentuk-bentuk latihan: 
a.  Di kolam dangkal: membelakangi dinding atau menghadap dinding kedua lengan dilipat di belakang punggung, lakukan irama mengambil napas dari permukaan air melalui mulut dengan sikap pandangan ke depan, dada sedikit diangkat, kemudian masukkan bagian muka ke permukaan air dengan menundukkan kepala. Buanglah sisa-sisa pembakaran di bawah permukaan air melalui hidung. 
b.   Untuk memperoleh gerak pernapasan baik pada gaya dada, cukup dikombinasikan dengan kaki. 

4. Koordinasi renang gaya dada 

Koordinasi gerak antara kaki dengan napas dilakukan dengan dua cara, yaitu ada yang melakukan kendali pada kepala, dimana kepala diangkat, kedua kaki mengikuti dengan menarik ke arah pinggul dan kepala kembali masuk ke permukaan air, kedua kaki melalui sikap kedua pergelangan kaki mengarah keluar melakukan tendangan hingga berakhir lurus ke belakang. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Teknik Renang Gaya Dada"

Post a Comment