Prototyping adalah salah satu pendekatan dalam rekayasa perangkat lunak yang secara langsung mendemonstrasikan bagaimana sebuah perangkat lunak atau komponen-komponen perangkat lunak akan bekerja dalam lingkungannya sebelum tahapan konstruksi aktual dilakukan (Howard, 1997).
a. Reusable prototype: Prototype yang akan ditransformasikan menjadi produk final.
b. Throwaway prototype: Prototype yang akan dibuang begitu selesai menjalankan maksudnya.
c. Input/output prototype: Prototype yang terbatas pada antar muka pengguna (user interface).
d. Processing prototype: Prototype yang meliputi perawatan file dasar dan proses-proses transaksi.
e. System prototype: Prototype yang berupa model lengkap dari perangkat lunak.
Tahap-tahap dalam prototyping boleh dikata merupakan tahap-tahap yang dipercepat. Strategi utama dalam prototyping adalah kerjakan yang mudah terlebih dahulu dan sampaikan hasil kepada pengguna sesegera mungkin.
Harris (2003) membagi prototyping dalam enam tahapan, tahapan-tahapan secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut:
Harris (2003) membagi prototyping dalam enam tahapan, tahapan-tahapan secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut:
1· Identifikasi kandidat prototyping. Kandidat dalam kasus ini meliputi user interface (menu, dialog, input dan output), file-file transaksi utama, dan fungsi-fungsi pemrosesan sederhana.
2· Rancang bangun prototype dengan bantuan software seperti word processor, spreadsheet, database, pengolah grafik, dan software CASE (Computer-Aided System Engineering).
3· Uji prototype untuk memastikan prototype dapat dengan mudah dijalankan untuk tujuan demonstrasi.
4· Siapkan prototype USD (User’s System Diagram) untuk mengidentifikasi bagian-bagian dari perangkat lunak yang di-prototype-kan.
5· Evaluasi dengan pengguna untuk mengevaluasi prototype dan melakukan perubahan jika diperlukan.
6· Transformasikan prototype menjadi perangkat lunak yang beroperasi penuh dengan melakukan penghilangan kode-kode yang tidak dibutuhkan, penambahan program-program yang memang dibutuhkan dan perbaikan dan pengujian perangkat lunak secara berulang.
artikelnya beranfaat terimakasih
ReplyDeleteMy blog