Metode Persiapan Latihan Olah Tubuh

Latihan olah tubuh harus diawali dengan pemanasan agar suhu tubuh secara perlahan dapat menerima atau melakukan gerakan yang lebih rumit. Pemanasan dimulai dari lari-lari kecil kemudian pelemasan persendian yang dimulai dari tubuh bagian atas atau bagian bawah kemudian di akhiri dengan menggerakkan seluruh anggota tubuh untuk menuju ke latihan inti.

Latihan berikutnya setelah olah tubuh adalah latihan inti yaitu latihan dengan pemilihan gerak sesuai dengan tema yang ditentukan, misal kelenturan, kekuatan dan lain-lain, gerakan inti ini akan mudah dilakukan oleh tubuh yang telah siap menerima gerakan yang rumit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal persiapan tubuh harus maksimal, yaitu dengan melakukan pemanasan yang baik.

Latihan selanjutnya adalah pendinginan. Hal ini dimaksudkan untuk mengembalikan tubuh agar dapat kembali melakukan aktifitas berikutnya. Pendinginan dalam olah tubuh tentunya berbeda dengan pendinginan yang dilakukan untuk senam kebugaran. Pemilihan geraknya tidak dengan bentuk gerak yang indah, tetapi cukup dengan melemaskan otot dan diakhiri dengan melemaskan seluruh beban dengan bentuk loncatan disertai dengan suara sekerasnya.


Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Metode Persiapan Latihan Olah Tubuh"