Senam Lantai dengan Alat dan Alat yang Digunakan

Rangkaian senam lantai adalah rangkaian gerak senam dari beberapa elemen atau unsur gerak lantai yang digabung menjadi suatu rangkaian gerak yang tidak terputus. Rangkaian gerakan latihan tersebut antara lain sebagai berikut:

Menurut FIG (Federation Internationale de Gymnastique) yang di Indonesiakan menjadi Federasi Senam Internasional senam artistik diartikan senam yang menggabungkan aspek tumbling dan akrobatik untuk mendapatkan efek-efek artistik dari gerakan-gerakan yang dilakukan pada alat-alat sebagai berikut: 

Artistik putra: 
1.   Lantai (Floor Exercises
2.   Kuda Pelana (Pommel Horse
3.   Gelang-gelang (Rings
4.   Kuda Lompat (Vaulting Horse
5.   Palang Sejajar (Parallel Bars
6.   Palang Tunggal (Horizontal Bar

Artistik Putri: 
1.   Kuda Lompat (Vaulting Horse
2.   Palang Bertingkat (Uneven Bars) 
3.   Balok Keseimbangan (Balance Beam) 
4.   Lantai (Floor Exercises

Efek artistik dihasilkan dari besaran (amplitudo) gerakan serta kesempurnaan gerak dalam menguasai tubuh ketika melakukan berbagai posisi. Gerakan-gerakan tumbling digabungkan dengan akrobatik yang dilaksanakan secara terkontrol, mampu memberikan pengaruh mengejutkan yang mengundang rasa keindahan. 

Senam ketangkasan ialah rangkaian gerakan senam yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu. Dengan ini, semua gerakan dalam senam ketangkasan dengan menggunakan alat dilakukan tepat dan terarah, rangkaian gerakan yang dilakukan akan terlihat lancar, selaras, dan berirama. Senam ketangkasan dapat dilakukan dengan menggunakan palang sejajar, palang tunggal, gelang-gelang palang bertingkat, dan kuda-kuda pelana. 

Jika melakukan gerakan senam ketangkasan dengan baik, kita akan memperoleh pengalaman gerak atau unsur gerak yang dapat meningkatkan kebugaran tubuh berupa gerakan ketangkasan, gerakan keseimbangan, gerakan kelenturan atau keluwesan, gerakan kelincahan, gerakan keberanian, gerakan keharmonisan, dan gerakan keindahan. 

Sekarang, kamu akan berlatih senam ketangkasan pada lompat kangkang. Gerakan lompat kangkang adalah gerakan dengan bentuk meloncat melewati rintangan dan pada saat badan sedang melayang di atas kuda-kuda tangan direntangkan, kedua tungkai lurus dan direntangkan untuk dapat lewat samping kanan dan kiri peti lompat.


Adapun alat yang digunakan adalah sebagai berikut:

Putra:
1.   Panjang untuk kuda-kuda 160 cm 
2.   tinggi kaki 136 cm 
3.   panjang papan tolak (beat board) 120 cm 

Putri:
1.   Panjang untuk kuda-kuda 160 cm 
2.   tinggi kaki 120 cm 
3.   panjang papan tolak (beat board) 120 cm 

Postingan terkait:

8 Tanggapan untuk "Senam Lantai dengan Alat dan Alat yang Digunakan"