Gerakan Senam Lantai Tanpa Alat

1. Gerakan lompat kangkang

Pertama, awali dengan lari cepat dengan badan condong ke depan, Kedua kaki menolak pada papan sekuat-kuatnya disertai ayunan lengan dari belakang bawah ke depan, badan lurus, dan tungkai dipisahkan. 
Kedua, saat tangan menyentuh pada bagian pangkal kuda-kuda segera menolak sekuat-kuatnya. Badan melayang di atas kuda-kuda dalam sikap lurus, lengan direntangkan, tungkai lurus dipisahkan dengan pandangan tetap ke depan. Ketiga, mendarat dengan ujung kaki mengeper dan kedua lengan direntangkan ke atas. 

Peti lompat yang digunakan untuk perkakas melompat, dapat diganti dengan perkakas yang namanya kuda-kuda lompat (vaultinghorse), atau bisa diganti oleh seseorang dengan sikap membungkuk. Untuk pria, kuda-kuda lompat dipasang membujur, sedangkan untuk wanita dipasang melintang, sedangkan papan jejak atau papan tolak dapat menggunakan beat board atau tremplin. 

2. Gerakan lompat jongkok

Cara melakukan lompat jongkok tumpuan pada pangkal kuda-kuda lompat adalah sebagai berikut:

Pertama, awalan dengan lari cepat dan badan condong ke depan. Kedua kaki menolak pada papan tolak disertai ayunan lengan ke atas, badan melayang, tangan menumpu pada pangkal kuda-kuda, dan pandangan dipusatkan di depan dekat tangan. Kedua, kedua lengan menolak dengan sekuat tenaga dan lutut dilipat ke dada. Luruskan tungkai saat berada di atas ujung kuda-kuda. Ketiga, mendarat pada ujung kaki dan mengeper dengan kedua lengan direntangkan ke atas. 



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Gerakan Senam Lantai Tanpa Alat"

Post a Comment