Macam-macam Gejala Aktivitas Kejiwaan Manusia

Psikologi mempersoalkan tingkah laku manusia, baik yang teramati maupun yang tidak teramati. aktivitas-aktivitas manusia itu dapat dicari hukum psikologi yang mendasarinya, beberapa aktivitas kejiwaan yang berhubungan dengan psikologi pendidikan adalah:

1.   Pengamatan

Manusia dapat mengenal lingkungan yang nyata, baik dalam dirinya sendiri maupun diluar dirinya dengan menggunakan organ-organ indranya yang disebut “modalitas pengamatan”. Macam-macam modalitas pengamatan yaitu:

a.   Penglihatan menggunakan mata
b.   Pendengaran menggunakan telinga
c.   Perabaan menggunakan permukaan kulit
d.   Pembauan (penciuman) menggunakan hidung
e.   Pencecapan menggunakan lidah

2.   Tanggapan

Tanggapan ialah bayangan yang menjadi kesan yang dihasilkan dari pengamatan. Macam pengamatan ialah tanggapan masa lampau yang sering disebut sebagai tanggapan ingatan, tanggapan masa sekarang yang disebut sebagai tanggapan imajinatif, dan tanggapan masa mendatang yang dapat disebut sebagai tanggapan antisipatif.

3.   Fantasi

Fantasi adalah aktivitas imajinasi untuk membentuk tanggapan baru dengan pertolongan tanggapan yang lama yang telah ada, dan tanggapan baru itu tidak harus sama atau sesuai dengan benda yang ada. Kegunaan fantasai antara lain: melalui fantasi orang dapat mengerti sesama manusia, dapat menghargai kultur orang lain,melepaskan diri dari kesukaran dan permasalahan, membantu seseorang dalam mencari keseimbangan batin, dll. Karena banyaknya kegunaan fantasi bagi kehidupan manusia, maka pendidikan hendaknya berusaha mengembangkan fantasi anak didik secara sehat.

4.   Ingatan

Mengingat berarti menyerap atau melekatkan pengetahuan dengan jalan pengecaman secara aktif. Fungsi ingatan meliputi tiga aktivitas, yaitu: mencamkan (mengingat kesan-kesan), menyimpan kesan-kesan, dan mereproduksi kesan-kesan.

5.   Pikiran

Berpikir ialah meletakkan hubungan antar bagian pengetahuan yang diperoleh manusia yang di kontrol oleh akal. Berpikir merupakan proses yang dinamis yang menempuh tiga langkah berpikir, yaitu:pembentukan pengertian, pembentukan pendapat dan pembentukan keputusan.

6.   Perhatian

Perhatia ialah cara menggerakkan bentuk umum cara bergaulnya jiwa dengan bahan-bahan dalam medan tingkah laku. Perhatian dapat diartikan dua macam yaitu: perhatian ialah kekuatan jiwa tertuju pada suatu objek, dan pendayagunaan kesadaran untuk menyertai suatu aktivitas.

7.   Perasaan

Perasaan diartikan sebagai suasana psikis yang mengambil bagian pribadi dalam situasi, dengan jalan membuka diri terhadap suatu hal yang berbeda dengan keadaan atau nilai dalam diri. Jenis perasaan yaitu perasaan jasmaniah dan rohaniah. 

Suasana jiwa anak didik sangat mempengaruhi kegairahan belajarnya. Agar belajar anak berlangsung secara efektif pendidikan hendaknya menciptakan situasi sedemikian rupa, sehingga menimbulkan perasaan yang menunjang aktivitas belajar pada anak didik.

8.   Kemauan

Kemauan adalah pengendali dari keinginan.kemauan dapat bekerja secara bebas ialah kemauan yang sesuai dengan keinginan diri sendiri. Kemauan yang terikat adalah kemauan yang ditimbulkan oleh kondisi kebutuhan yang terbatasi oleh norma sosial ataupun kondisi lingkungan. 

Kuat atau lemahnya kemauan seseorang dilatarbelakangi oleh pengalaman atau hasil belajarnya. Oleh karena kemauan dipengaruhi hasil belajar maka pendidikan mempunyai peranan penting dalam mengendalikan kemauan anak didik untuk belajar lebih lanjut.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam-macam Gejala Aktivitas Kejiwaan Manusia"

Post a Comment