Pengalaman Adalah Guru Yang Terbaik

Assalamu’alaikum sahabatku, semoga selalu berbahagia.....

Pengalaman Adalah Guru Yang Terbaik. Tahukah kamu maksud pepatah tersebut? 

Apabila dipahami dan diresapi lebih mendalam, pepatah itu memiliki makna yang bermanfaat untuk kehidupan. Kehidupan manusia penuh dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada dirinya, baik peristiwa yang menyenangkan maupun peristiwa yang tidak menyenangkan. Peristiwa-peristiwa itu menjadi pengalaman yang sulit untuk dilupakan. Pengalaman itu diperoleh sejak manusia lahir sampai ia meninggal dunia.

Bagi orang yang berpikir positif, pengalaman yang dialaminya akan menjadi dasar untuk melangkah menuju tahapan yang lebih baik, terutama dalam menentukan arah kehidupannya. Sebaliknya, bagi orang yang berpikir negatif, pengalaman yang dialaminya itu dapat menjadi penghalang kemajuannya.

Oleh karena itu, kita harus pandai menyikapi dan mengolah pengalaman itu. Pengalaman itu tidak hanya berisi hal-hal yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan Sang Pencipta, tetapi juga memperlihatkan hubungan manusia dengan manusia.

Misalnya, sebagai ciptaan Tuhan, manusia harus mensyukuri apa yang ada dibumi. Rasa syukur itu dapat diwujudkan dengan memanfaatkan dan menjaga apa yang telah diberikan Tuhan itu dengan baik.

Untuk menciptakan kehidupan yang harmonis, baik di dalam keluarga maupun masyarakat, manusia harus memiliki sikap yang baik, seperti jujur, bertanggung jawab, peduli, dan suka membantu orang lain. 

Agar dapat menjadikan pengalaman itu sebagai guru, kita perlu mempelajari apa yang dialami dan terjadi pada manusia, baik yang terjadi pada diri sendiri, teman, saudara, keluarga, maupun orang lain.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengalaman Adalah Guru Yang Terbaik"

Post a Comment