Pekerja Asal Korea dan Filipina Mulai Banjiri Wonogiri

Sahabatku yang berbahagia.....

ERA pasar bebas masyarakat ekonomi Asean (MEA) membuat dunia industri di kabupaten Wonogiri membuka kesempatan terbuka bagi tenaga kerja asing. Wonogiri kini sudah diserbu tenaga kerja dari Filipina maupun Korea.

"Seiring dibukanya sejumlah perusahaan berorientasi ekspor di Wonogiri, sudah ada belasan tenaga kerja dari Filipina dan Korea masuk di dalamnya. Data itu sudah tercatat resmi di Disnakertrans," ujar Kabid Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Wonogiri, Edi Triyono, Selasa (10/5).

Menurutnya, para pencari tenaga kerja lokal, diharapkan siap berkompetisi dengan tenaga kerja asing, agar tidak menjadi asing di negeri sendiri. Saat ini banyak naker asal Wonogiri belum banyak yang mendapatkan kepercayaan untuk memegang menejemen perusahaan.

Karena itu, Pemkab Wonogiri meminta agar warga Wonogiri bersiap diri, agar lebih mampu bersaing dengan para naker asing, sehingga mendapatkan kepercayaan dari perusahaan, baik itu PMA maupun PMDN. Untuk kepentingan itu disiapkan dana Rp 50 juta, yang dipergunakan sebagai bantuan untuk kelancaran uji kompetensi bagi tenega kerja lokal.

"Ini sebuah keniscayaan. Selain melaksanakan uji kompetensi bagi naker lokal, maka Disnakertrans, Kejaksaan ,Kepolisian, Imigrasi dan Kesbangpol akan berupaya melakukan pengawasan bagi naker asing, sehingga sisi ketenagakerjaan berjalan tertib sesuai regulasi yang ada," imbuh Edi. (OL-2)

Sumber : http://mediaindonesia.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pekerja Asal Korea dan Filipina Mulai Banjiri Wonogiri"

Post a Comment