Pada
pelajaran Bab 5, peserta didik diharapkan dapat mengapresiasi dan berkreasi
seni tari, yaitu:
1.
Mengidentifikasi elemen gerak tari berdasarkan ruang,
waktu, dan tenaga
2.
Mendeskripsikan elemen gerak tari berdasarkan ruang,
waktu, dan tenaga
3.
Melakukan gerak tari berdasarkan ruang,waktu, dan tenaga
4. Melakukan asosiasi elemen gerak tari berdasarkan ruang,
waktu, dan tenaga dengan sikap dan sosial budaya masyarakat, dan
5. Mengomunikasikan elemen gerak tari berdasarkan ruang,
waktu, dan tenaga baik secara lisan dan/atau tertulis
Mahkluk
hidup setiap hari melakukan gerak. Gerak merupakan ciri utama dari kehidupan.
Gerak yang dilakukan oleh mahkluk hidup mengisi ruang dan waktu. Ketika mahkluk
hidup bergerak memerlukan tenaga. Jadi ruang-waktu-tenaga tidak dapat
dipisahkan dari gerak. Amati gambar berikut dengan seksama!
Setelah
kalian mengamati gambar di atas, jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini:
1.
Apakah ada perbedaan di setiap elemen gerak tari yang
dilakukan?
2.
Apakah pose gerak yang dilakukan memiliki ruang?
3.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan gerak?
4.
Berapa besar tenaga yang digunakan untuk melakukan gerak?
A. Pengertian
Elemen Gerak Tari
Kamu
telah mengamati gerak tari dari berbagai sumber belajar. Kamu juga telah
mendiskusikan hasil pengamatan tersebut. Tentu di antara kalian memiliki
persepsi berbeda karena mungkin tari yang diamati juga berbeda. Setiap tari
memiliki ragam gerak berbeda tetapi memiliki kesamaan yaitu gerak membentuk
ruang, membutuhkan waktu, dan tenaga dalam melakukan gerak tersebut.
Indonesia
memiliki keragaman gerak tari yang berbeda antara satu suku dengan suku
lainnya. Keragaman ini merupakan kekayaan budaya sebagai hasil cipta karsa
manusia. Gerak melengkung memberi makna kedinamisan dan keberlanjutan. Gerak dilakukan
secara rampak oleh penari dengan menghadap pada properti simbol api yang
menyala. Api menyimbolkan semangat pantang menyerah dan terus berkobar.
Penari dengan properti tongkat memberi
kesan pada tenaga yang digunakan lebih sedikit karena gerak yang dilakukan
merupakan simbolik dari gerak orang tua renta.
Gerak
tari dengan kesan tenaga kuat dan kesan ruang yang lurus ditunjukkan pada kelompok tari Saman. Tenaga yang digunakan untuk menari Saman
sangat besar karena gerakan yang dilakukan sangat dinamis. Tari Saman tumbuh
dan berkembang di daerah Aceh. Tarian ini diiringi dengan nyanyian yang berisi
pujian terhadap Tuhan Yang Maha Esa oleh para penarinya. Tarian Saman tidak hanya
berkembang di daerah Aceh tetapi juga di kota- kota besar di Indonesia salah
satunya Jakarta.
Substansi
atau elemen dasar tari adalah gerak. Gerak pada tari akan berbeda dengan gerak
yang dilakukan sehari-hari. Gerak pada tari dilakukan secara ritmis dan
memiliki makna sedangkan gerak sehari-hari lebih menekankan pada gerak yang
fungsional.
Soedarsono
salah satu pakar tari di Indonesia menyatakan bahwa tari adalah ekspresi jiwa
manusia yang diwujudkan melalui gerak-gerak yang ritmis dan indah. Definisi ini
memiliki arti bahwa tari terdiri dari
gerak ritmis, merupakan
ungkapan ekspresi, dan memiliki keindahan gerak.
B. Ruang, Waktu,
dan Tenaga
Elemen
dasar tari adalah gerak. Di dalam gerak mencakup ruang, waktu, dan tenaga.
1.
Ruang
Jika
kamu melakukan gerakan di tempat tanpa berdiri berarti melakukan gerak di ruang
pribadi, sedangkan jika kamu bergerak berpindah tempat maka kamu melakukan
gerak di ruang umum. Gerak di dalam ruang dapat dilakukan sendiri, berpasangan
atau berkelompok. Masing-masing melakukan gerakan yang berbeda.
2.
Waktu
Setiap
gerak yang dilakukan membutuhkan waktu baik gerak estetis maupun gerak
fungsional. Gerak fungsional seperti berjalan menuju ke sekolah tentu
membutuhkan waktu. Jika jarak yang ditempuh dekat maka waktu yang dibutuhkan
lebih sedikit dibandingkan dengan jarak yang jauh. Jika jarak yang jauh ingin
sama cepatnya dengan jarak yang dekat tiba di tempat, maka gerak yang dilakukan
haruslah memiliki kecepatan dua atau tiga kali dari jarak yang dekat.
Perbedaan
cepat atau lambat gerak berhubungan dengan tempo. Jadi tempo merupakan cepat
atau lambat gerak yang dilakukan. Gerak tari juga memiliki tempo. Fungsi tempo
pada gerak tari untuk memberikan kesan dinamis sehingga tarian enak untuk dinikmati.
3.
Tenaga
Setiap
kamu melakukan gerak, tentu memerlukan tenaga. Penggunaan tenaga dalam gerak
tari meliputi; (a) intensitas, yang berkaitan dengan kuantitas tenaga dalam
tarian yang menghasilkan tingkat ketegangan gerak; (b) aksen/tekanan muncul
ketika gerakan dilakukan secara tiba-tiba dan kontras; (c) kualitas berkaitan
dengan cara penggunaan atau penyaluran tenaga. Jika gerak yang dilakukan
memiliki intensitas tinggi tentu saja memerlukan tenaga yang kuat dan
sebaliknya, gerak dengan intensitas rendah memerlukan tenaga yang lemah atau
sedikit.
Tenaga yang
digunakan oleh penari untuk menahan temannya tentu lebih besar dibandingkan
dengan yang berdiri di atas punggung. Kekuatan tenaga menahan temannya tertumpu
pada kedua kaki. Tenaga yang dikeluarkan oleh kedua penari yang menyangga
temannya akan semakin kuat jika berjalan berpindah dari satu tempat ke tempat
lainnya.
Bandingkan
dengan pose gerak yang menunjukkan kaki tertahan di lantai
dengan sedikit jinjit. Tenaga yang dikeluarkan tidak sebesar dan sekuat pada gerak tari yang bersumber pada tari tradisi Papua kekuatan tenaga
banyak pada kaki. Gerak kaki yang cepat dan ritmis merupakan salah satu ciri
dari tarian Papua. Gerak tari yang tertumpu pada kaki tarian Papua dipengaruhi
oleh kondisi geografis alam yang berbentuk pegunungan. Kehidupan masyarakat di
daerah pegunungan memerlukan kaki kuat untuk dapat mendaki dan menuruni bukit.
Kehidupan sosial budaya seperti inilah yang berpengaruh juga terhadap karya
seni tari.
Setelah
membaca konsep ruang, waktu, dan tenaga jawablah pertanyaan di bawah ini:
a.
Jelaskan hubungan antara gerak dengan ruang.
b.
Jelaskan hubungan antara gerak dengan waktu.
c.
Jelaskan hubungan gerak dengan tenaga.
d. Bagaimana caranya melestarikan dan mengembangkan tari
yang ada di Indonesia?
e. Setuju atau tidak setujukah kamu dengan berkembangnya
seni tari yang berasal dari luar negeri di kota-kota besar Indonesia?
Aktivitas
Mengeksplorasi Gerak
Kegiatan
1
1.
Lakukan eksplorasi gerak berdasarkan ruang, waktu, dan
tenaga.
2. Gambar gerak pada kegiatan 1 merupakan stimulasi bagi
kamu dalam melakukan eksplorasi gerak.
3.
Kamu dapat mencari sumber stimulasi gerak dari berbagai
sumber belajar.
4.
Tujuan melakukan eksplorasi pada kegiatan 1 ini agar kamu
memiliki kesadaran gerak pribadi terhadap ruang, waktu, dan tenaga.
Kegiatan
2
latihan
1
1.
Gerak Mengembangkan Sayap
a.
Lakukan gerakan ini dengan mengembangkan kedua tangan
dari bawah ke atas.
b.
Rasakan pada saat melakukan gerakan mengembangkan sayap
c.
Ada ruang yang terbentuk ketika melakukan gerak
d.
Ada tenaga yang digunakan ketika mengangkat kedua tangan
ke atas
e.
Ada waktu yang digunakan pada saat melakukan gerak
f.
Lakukan gerakan ini dengan tempo cepat-sedang-lambat
g.
Rasakan perbedaan ketika melakukan gerak
2.
Gerak Hinggap
a. Lakukan gerakan hinggap dengan melompat dari kanan kekiri
dan sebalik dari kiri ke kanan
b.
Rasakan tenaga yang digunakan ketika melakukan
gerakberpindah
c.
Rasakan tempo dari ruang-waktu-tenaga ketika
melakukangerak
d.
Lakukan gerakan secara bervariasi ke kanan-ke
kiri-kedepan-ke belakang
3.
Gerak Mematuk
a. Lakukan gerakan mematuk dengan tangan kanan di tekukdepan
dada dan tangan kiri lurus ke damping
b. Gerak kedua tangan bersamaan seperti mematuk dantangan
kaki kiri maju selangkah demi selangkah sampaiempat hitungan
c.
Lakukan bergantian dengan tangan kiri dengan posisi
yangsama
d.
Rasakan
4.
Mengembangkan Sayap
a. Lakukan mengembangkan sayap secara diagonal
tanpa menggunakan selendang atau properti lainnya
b. Rasakan perbedaan ruang-waktu-tenaga pada saatmelakukan
gerak dengan menggunakan property selendangdengan tanpa properti
c.
Jika ada perbedaan catatlah perbedaan tersebut
Gerak
mengembangkan
1. Kamu dapat mengganti properti selendang sebagai sayap
dengan menggunakan kipas, kain panjang, sarung atau benda lainnya.
2. Rasakan perbedaan saat melakukan gerakan dengan
menggunakan properti yang berbeda
3.
Lakukan empat ragam gerak tersebut dengan hitungan dan
jika memung-kinkan dengan iringan
C. Uji Kompetensi
Pengetahuan
1.
Jelaskan yang dimaksud dengan ruang di dalam tari?
2.
Jelaskan yang dimaksud dengan waktu di dalam tari?
3.
Jelaskan yang dimaksud dengan tenaga di dalam tari?
Keterampilan
1. Lakukan 5 rangkaian gerak secara berkesinambungan berdasarkan
ruang, waktu, dan tenaga
D. Rangkuman
Berdasarkan
materi yang telah dijelaskan, dapat di simpulkan bahwa gerak tari terdiri dari
ruang, waktu, dan tenaga. Yang dapat didiskripsikan secara singkat sebagai
berikut; (1) ruang dalam gerak merupakan efek yang ditimbulkan akibat gerak
yang dilakukan; (2) waktu dalam gerak merupakan satuan irama dari gerak yang
dilakukan; (3) tenaga dalam gerak merupakan satuan kekuatan yang dikeluarkan
dalam melakukan gerak.
E. Refleksi
Pada
Bab 5, kamu telah belajar tentang unsur gerak tari. Materi pembelajaran ini
tidak hanya memberikan keterampilan dan pengetahuan, tetapi juga dapat belajar
tentang sikap.
Kamu
telah belajar tentang ruang di dalam gerak. Ruang terbentuk akibat gerak yang
dilakukan. Di dalam kehidupan, kamu juga senantiasa bergerak dari satu tempat
ke tempat lain, dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain. Gerak di dalam ruang
tentu akan berhubungan dengan orang lain yang juga melakukan gerak. Untuk tidak
saling bertabrakan dalam melakukan gerak maka perlu sikap toleransi dan saling
menghormati. Jika kamu bergerak di dalam ruang yang disediakan dan menghormati
orang lain maka akan menimbulkan rasa aman dan nyaman. Bayangkan jika kita
membawa motor di tengah kemacetan dan bergerak tanpa toleransi dengan orang
lain, tentu akan semakin menambah kemacetan semakin parah dan panjang.
Kamu
telah mempelajari waktu dalam melakukan gerak. Ada nilai-nilai yang dapat kamu
terapkan dalam kehidupan berkaitan dengan waktu. Waktu terus mengalir baik
dalam gerak tari dan juga kehidupan nyata. Dalam kehidupan tentu kamu
berhubungan dengan orang lain baik di sekolah maupun di sekitar tempat tinggal.
Kamu memiliki waktu yang sama dalam kehidupan yaitu selama 24 jam. Di antara
kamu tentu ada yang memanfaatkan waktu dengan baik tetapi mungkin juga membuang
waktu dengan bermain yang tidak memiliki makna. Waktu sebaiknya digunakan
se-efektif dan se-efisien mungkin. Waktu tidak akan pernah kembali karena waktu
kemarin tidak sama dengan sekarang dan yang akan datang.
Kamu
juga telah mempelajari tenaga berdasarkan gerak yang dilakukan. Tenaga
merupakan energi untuk dapat melakukan usaha. Kamu dapat menggunakan tenaga
untuk hal positif seperti menyalurkan hobi olahraga atau seni. Jangan gunakan
tenagamu untuk hal negatif seperti tawuran karena akan merugikan diri sendiri.
Aktivitas
Mengomunikasikan
1. Kamu telah melakukan aktivitas pembelajaran gerak tari
berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga.
2. Buat tulisan tentang hasil belajar salah satu temanmu
berupa gerak tari yang dilakukan.
3. Tulisan maksimum 50 kata dan berdasarkan hasil pengamatan
gerak yang dilakukan oleh salah satu temanmu.
4. Tulisan memberikan kritik yang membangun sehingga kamu
dan teman mengetahui kelemahan dan kekurangan sehingga dapat melakukan gerak
tari lebih baik lagi.
Sumber buku Seni Budaya
Berdasarkan materi yang telah dijelaskan, dapat di simpulkan bahwa gerak tari terdiri dari ruang, waktu, dan tenaga.
ReplyDeletehttp://www.sabungbanteng.com/
mantap kak info infonya
ReplyDeletepaket gratis axis