Loncat Indah: Pengenalan Loncat Indah, Latihan Loncat Indah dan Praktek Loncat Indah

1.   Pengenalan loncat indah

Loncat Indah merupakan penggabungan gerakan olahraga senam dan seni kelenturan tubuh yang dimainkan dari suatu ketinggian air. Aspek penilaian dalam loncat indah ialah keindahan dan ketepatan suatu gerakan. Gerakan-gerakan dalam loncat indah, antara lain salto ke depan, salto ke belakang, salto kontra, salto ke dalam, serta gabungan skrup dan salto.
Loncat indah dapat dilakukan oleh siapa pun, tetapi untuk mempelajari teknik loncat indah secara serius dapat dipelajari bila orang tersebut memiliki potensi dan kemauan. Sebagai seorang pemula yang ingin belajar loncat indah, sebaiknya tidak langsung melakukan loncatan dari menara loncat.

Untuk latihan awal, lakukanlah dengan melakukan loncatan dari pinggir kolam, yang terpenting sebelum melakukan loncatan, cek kedalaman kolam, karena untuk melakukan loncat indah ataupun berlatih loncat indah pemula, kedalaman air merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan.

Perkembangan loncat indah di Indonesia belum begitu pesat, namun olahraga ini kini mulai populer dan banyak digemari masyarakat Indonesia. Loncat indah di Indonesia berada di bawah naungan Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PBPRSI). Walaupun berada di bawah naungan Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia, namun loncat indah memiliki teknik dan gaya tersendiri yang berbeda dengan renang pada umumnya.

2.   Latihan loncat indah

a. Loncat duduk

Sikap pertama siswa duduk di ujung papan loncat menghadap ke air. Persendian lutut tepat diletakkan di ujung papan, sehingga tungkai bawah tergantung. Dari sikap ini ambil sikap berbaring dengan kedua tangan lurus ke atas kepala. Dengan mengayunkan tangan ke depan, badan dan tangan turut mengguling ke muka, sehingga tiba di air dengan tangan terlebih dahulu dalam sikap lurus.

b. Loncat berbaring

Sikap telentang, kepala melewati ujung papan loncat. Ujung papan dipegang sehingga kedua ibu jari terletak di atas papan di samping telinga. Kedua kaki diayunkan lurus dengan kuat melewati kepala. Dengan putaran pada sumbu ditekuk dan masuk ke dalam air dengan kaki terlebih dahulu. Lengan lurus rapat di samping badan atau di atas kepala.

c. Loncat paku

Loncatan dengan sikap badan lurus dan jatuh ke dalam air dengan kaki lebih dahulu. Lengan rapat di samping dan kaki lurus masuk ke dalam air. Pandangan harus tetap lurus.

3.   Praktik loncat indah

Setelah Anda mempelajari teknik-teknik pada loncat indah, maka langkah berikutnya adalah melakukan praktik loncat indah. Dengan melakukan praktik maka Anda dapat menerapkan teknik-teknik dasar loncat indah dan dapat menguasai gerakannya.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Loncat Indah: Pengenalan Loncat Indah, Latihan Loncat Indah dan Praktek Loncat Indah"

Post a Comment