Tips / Cara dalam Membuat GBPM dan Jabaran Materi dan Contoh GBPM

Topik Program:
         
Merupakan salah satu bagian dari pokok bahasan. Satu pokok bahasan dapat dikembangkan ke dalam beberapa topik. Topik-topik ini biasanya juga dapat kita jumpai dalam kurikulum.

Judul Program:
           
Dari topik yang telah dipilih, kemudian ditentukan judul program. Sedapat mungkin judul dibuat menarik, namun juga tidak menyimpang dari materi yang ada didalamnya. Dengan judul yang menarik maka diharapkan timbul rasa ingin tahu calon siswa/ sasaran program tentang tingkat isi program didalamnya.

Sasaran:
           
Sasaran adalah mereka yang menjadi target dari program yang disajikan. Pengembangan program yang baik didasarkan pada kesesuaian kebutuhan dari yang memanfaatkan program dengan materi yang disajikan. Oleh karena itu materi yang disajikan harus sesuai dengan tingkat pemahaman sasaran.

Tujuan Pembelajaran:
          
TPU (Tujuan Pembelajaran Umum) dan TPK (Tujuan Pembelajaran Khusus) atau indikator dirumuskan sesuai dengan pengembangan, pendalaman, ataupun pengayaan materi dalam GBPM. TPU menyangkut kemampuan yang bersifat umum yang biasanya tidak mudah diukur dan diamati.

Ciri rumusan dalam TPU biasanya menggunakan kata-kata : memahami, mengetahui, membayangkan, dan sebagainya. TPU di kutip dari kurikulum yang digunakan sebagai acuan. Dalam kurikulum berbasis kompetensi TPU sama dengan kompetensi dasar yang sudah ada pada buku kurikulum.

TPK merupakan penjabaran dari TPU yang sifatnya operasional ( dapat diukur, diamati, dan dinilai). Kata-kata yang digunakan untuk merumuskan TPK juga bersifat operasional, misalnya menyebutkan, membuat, mendemonstrasikan. Hal ini sama dengan penjabaran sebuah indikator.

Pokok Materi:

Merupakan hasil jabaran dari tujuan pembelajaran khusus juga dari indikator.

Format Sajian:  
           
Penentuan Format sajian berdasarkan jumlah materi yang di sajikan, yang mengacu ke daya tarik sasaran. Apabila materinya banyak dan waktunya terbatas, maka program narasi adalah pilihan terbaik. Namun untuk materi yang tidak terlalu banyak , sedang waktunya relatif panjang, maka format drama akan lebih menarik. Melalui pengulangan-pengulangan materi, program dapat disajikan secara lebih jelas.

Durasi :    
           
Lama putar program terbatas. Umumnya untuk program media pembelajaran jeni video/ TV, sound slide, program radio, berlangsung sekitar 15-20 menit.

Contoh :

GARIS BESAR PROGRAM MEDIA (GBPM)
COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIO (CAI)

Nama Mata Kuliah         : Komputer dan Media Pembelajaran
Topik                            : Mengenal Komputer dan Media Pembelajaran
Deskripsi Topik             : program ini akan membahas tentang konsep dasar elemen komputer, fungsi dan kegunaan elemen dasar komputer dan prosedur kerja sistem komputer yang meliputi input proses dan output serta video tutorial aplikasi internet. Selain itu di bahas pula media pembelajaran meliputi hakikat, keunggulan, jenis dan video tutorial desain presentasi dengan Microsoft power point.
Standar kompetensi    : memahami konsep dasar komputer dan media pembelajaran dan memanfaatkan computer sebagai media pembelajaran.
Media                           : CAI/MMI
Judul                            : Mengenal Komputer dan Media pembelajaran.
Penulis                         : Cepi Riyana, M.pd.
                                    : http://cepiriyana,blogspot.com
                                    : Email: cheppy@upi.edu
Penelaah Materi             : Dr. Deni Darmawan, M.Si.
Penelaah Media             : Sanjaja          
                                    : Beni A Pribadi
                                    : Tim SEAMOLEC

Menggunakan komputer grafis dengan software  aplikasi pengolah gambar dan di cetak secara digital menggunakan printer warna.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips / Cara dalam Membuat GBPM dan Jabaran Materi dan Contoh GBPM"

Post a Comment