Tujuan Pembuatan Jabaran Materi dan Alasan Mengapa diperlukan Pembuatan GBPM dan Penjabaran Materi

Tujuan dilakukan pembuatan jabaran materi tersebut adalah untuk mempermudah pelaksanaan penulisan naskah programnya disamping mengantisipasi durasi, jumlah topik dalam GBPM juga dapat digunakan untuk mengkalkulasi biaya produksi. 

Setelah GBPM dibuat, maka berdasarkan topik-topik yang sudah ditelaah dilakukan penulisan jabaran materinya. Untuk program pembelajaran, jabaran materi ini sangat diperlukan terutama jika penulis bukan orang yang menguasai materi atau bidang studi yang akan ditulisnya. 

Suatu kesalahan dari segi materi merupakan penjabaran kesalahan keseluruh sasaran yang memanfaatkan program radio atau audio ini, karena program didengar oleh banyak orang/ siswa yang menjadi sasaran dari program.

Di dalam program pembelajaran, penyusunan GBPM dan jabaran materi melibatkan: ahli materi, yakni orang yang menguasai isi atau materi, umumnya ahli materi ini berasal dari perguruan tinggi huga bisa dari guru sendiri. tugasnya adalah menilai naskah program dari kelayakan materinya.

Yang kedua adalah ahli media. Ahli media ini menilai dari segi pemilihan medianya, dan juga segi etestika program ditinjau dari segi kelayakan medianya. Dan yang terakhir adalah pengembang pembelajaran, yang umumnya adalah guru kelas.

Mereka berpengalaman dalam menyampaikan materi di kelas. Ia bertugas untuk mengembangkan isi GBPM dan jabaran materi.dalam hal ini GBPM dan jabaran materi yang dikembangkan walaupun sudah dianggap memadai karena disusun berdasarkan pengalaman mengajar di kelas. 

Pembuatan GBPM dan jabaran materi di perlukan, khususnya dalam pengembangan program audio/radio instruksional, dengan alasan:

     Kemungkinan kesalahan materi dapat dihindarkan.
     Terhindar dari kemungkinan menyimpang dari tujuan yang ditentukan.
     Keandalan terjaga.
     Kekurangan dan kelemahan dapat diperbaiki dan direvisi.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tujuan Pembuatan Jabaran Materi dan Alasan Mengapa diperlukan Pembuatan GBPM dan Penjabaran Materi "

Post a Comment