Pengertian Media, Fungsi Media, Pengertian Naskah, Fungsi Naskah dan Tahapan Pembuatan Naskah dalam Sistematika Perencanaan Media

Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim pada terima pesan yang berfungsi membangkitkan motivasi belajar mengulang apa yang memberikan balikan dengan segera dan menggalakkan latihan yang serasi. Melalui media proses pembelajaran bisa lebih menarik dan menyenangkan (joyfull learning), misalnya siswa yang memiliki ketertarikan terhadap warna maka dapat diberikan media dengan warna menarik.

Secara umum naskah dalam perencanaan program media dapat diartikan sebagai pedoman tertulis yang berisi informasi dalam bentuk visual, grafis, dan audio sebagai acuan dalam pembuatan media tertentu, sesuai dengan tujuan dan kompetensi tertentu.

Fungsi naskah adalah sebagai pedoman bagi pengguna dan terutama pembuat media. Tahapan pembuatan naskah yaitu: ide dan gagasan yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, selanjutnya pengumpulan data dan informasi, penulisan sinopsis dan treatment, penulisan naskah, pengkajian naskah atau revisi naskah, revisi naskah sampai naskah siap diproduksi.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Media, Fungsi Media, Pengertian Naskah, Fungsi Naskah dan Tahapan Pembuatan Naskah dalam Sistematika Perencanaan Media"

Post a Comment