Makalah Media Pembelajaran PAI Tentang Teknik Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Teknologi pembelajaran berkaitan erat dengan upaya pemecahan masalah belajar manusia. Upaya pemecahan masalah tersebut adalah melalui teknologi pembelajaran. Komputer menjadi suatu teknologi penting dalam masyarakat dalam kegiatan bisnis, di sekolah, dirumah, banyak materi pembelajaran yang dapat disampaikan melalui komputer, jika peserta didik memiliki kemampuan menggunakan komputer.

Materi tersebut terkait dengan tujuan pendidikan, oleh karena itu harus disajikan ukuran dalam kurikulum di sekolah dasar dan sekolah menengah. Dengan demikian materi pendidikan agama dapat dikaitkan dengan penggunaan teknologi media berbasis komputer.

Komputer merupakan jenis media yang secara virtual dapat menyediakan respon yang segera terhadap hasil belajar seorang siswa. Lebih dari itu, komputer memiliki kemampuan menyimpan dan memanipulasi informasi sesuai dengan kebutuhan. Perkembangan teknologi saat ini yang semakin pesat saat ini telah memungkinkan komputer memuat dan menayangkan beraga bentuk media didalamnya.

Saat ini teknologi komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai sarana komputasi dan pengolahan kata (word processor), tetapi juga sebagai sarana belajar multimedia yang memungkinkan peserta didik membuat desain serta merekeyasa suatu konsep ilmu pengetahuan. Dengan demikian Kami akan membahas tentang Teknik pembuatan Media pembelajaran PAI berbasis Komputer.

B.  Rumusan Masalah

1.   Berapa bentuk penggunaan Media Komputer Dalam pembelajaran PAI?
2.   Apa saja yang dihasilkan dalam media pembelajaran PAI berbasis komputer?

C.  Tujuan

1.   Mengetahui penggunaan media komputer dalam pembelajaran PAI.
2.   Mengetahui hasil dari teknik pembuatan media pembelajaran PAI berbasis komputer.


BAB II
PEMBAHASAN

A.  Bentuk Penggunaan Media Pembelajaran PAI Berbasis komputer

Sebelum mengetahui bentuk penggunaan media pembelajaran berbebasis komputer, kita ketahui terlebih dahulu pengertian dari komputer. Komputer adalah mesin yang dirancang khusus untuk memanipulasi informasi yang diberi kode, serta merupakan mesin elektronik yang otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan sederhana dan rumit.

Kelebihan komputer dalam pendidikan antara lain:

1. Peserta didik belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatanya memahami pengetahuan dan informasi.
2.   Membantu peserta didik yang memiliki kecepatan belajar lebat (slow learner)agar belajar efektif.
3.   Memacu efektivitas belajar bagi peserta didik yang lebih cepat (fast learner).
4. Menarik perhatian peserta didik karena mampu mengintegerasikan komponen warna, musik dan animasi grafik.

Pemanfaatan komputer dalam pendidikan biasanya dikenal,dinamakan pembelajaran dengan bantuan komputer (CAI: Computer  Assisted Instruction) yaitu suatu sistem penyampaian materi pelajaran yang berbasis micro-processor, pelajarannya diprogram dan dirancang dalam system tersebut. System ini dikembangkan dalam beberapa format, antara lain drills dan practice, tutorial, simulasi, permainan, dan discovery.

Komputer telah juga digunakan untuk mengadministrasikan tes dan pengelolaan administrasi sekolah. Komputer dapat mengakomodasikan siswa yang lamban menerima pelajaran karena ia dapat memberikan iklim yang lebih efektif dengan cara yang lebih individual, tidak pernah lupa, tidak pernah bosan, sangat sabar dalam menjalankan instruksi seperti yang diinginkan program yang digunakan.

Komputer juga dapat merangsang siswa untuk mengerjakan latihan dan melakukan kegiatan laboratorium atau simulasi. Hal ini karena tersedianya animasi grafik, warna dan musik dalam komputer sehingga dapat menambah realisme.  

Kemampuan komputer dalam merekam aktivitas siswa selama menggunakan suatu program pembelajaran PAI memberikan kesempatan lebih baik untuk pembelajaran secara perorangan dan perkembangan setiap siswa selalu dapat dipantau.

Media dalam pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru. Media juga berfungsi untuk pembelajaran individual dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan belajar siswa (pola media). Beberapa bentuk penggunaan media komputer yang dapat digunakan dalam pembelajaran PAI, antara lain:

1.   Penggunaan Media Presentasi

Media presentasi digunakan untuk memperjelas materi-materi yang bersifat tereotis, digunakan dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak diatas 12 orang. Media ini cukup efektif karena menggunakan media projecktor yang memiliki daya pancar cukup besar.

Kelebihan menggunakan media ini adalah menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, audio, animasi, gambar, grafik menjadi satu kesatuan penyajian. Sehingga mengakomodasi sesuai dengan modalitas belajar siswa.

Penggunaan alat perancang presentasi seperti Microsoft Power Point  yang dikembangkan oleh Microsoft inc” Corel Presentation yang dikembangkan oleh Coral inc” hingga perkembangan terbaru perangkat lunak yang dikembangkan macromedia inc, yang mengembangkan banyak sekali jenis perangkat lunak untuk mendukung kepentingan tersebut.

Pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan media presentasi ini khusunya dengan menggunakan Microsoft Power Point ini yaitu dengan cara memasukkan teks, gambar, grafik, video dan audio kedalam lembar kerjanya. Dan setelah semuanya selesai maka dapat ditampilkan melalui projecktor dan dapat dipresentasikan kepada siswa.

2.   CD Multimedia Interaktif

CD interaktitif dapat digunakan pada pembelajaran di sekolah,sebab cukup efektif meningkatkan hasil belajar siswa terutama komputer. Terdapat dua istilah dalam perkembangan CD Interaktif ini yaitu Computer Based Instructions (CBI) dan Computer Assisted Intruction (CAI). 

Sifat media ini selain interaktif juga bersifat multimedia yang terdapat unsur-unsur media secara lengkap yang meliputi sound, animasi, video, teks dan grafik. Beberapa model multimedia interaktif diantaranya:

a. Model Drill: dalam CBI merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih konkrit melalui penciptaan tiruan bentuk pengalaman dalam bentuk yang berbeda. Jadi model ini dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi Macromedia flash yang menggunakan contoh-contoh soal dalam pengaplikasiannya.
b. Model tutorial: merupakan salah satu strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar dengan menggunakan perangkat lunak berupa program komputer yang berisi materi pembelajaran. Program ini juga menuntut siswa untuk mengaplikasikan ide dan pengetahuan yang dimilikinya secara langsung dalam kegiatan pembelajaran.
c.   Model Simulasi: merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui penciptaan tiruan/tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.
           
Pada umumnya tipe penyajian yang banyak digunakan adalah tutorial. Tutorial ini membimbing siswa secara tuntas menguasai materi dengan cepat dan menarik. Setiap siswa cenderung memiliki perbedaan penguasaan materi tergantung dari kemampuan yang dimilikinya.

Penggunaan tutorial melalui CD Interaktif lebih efektif untuk mengajarkan penguasaan software kepada siswa dibandingkan dengan mengajarkan hardware. Selain itu, materi-materi yang diajarkan dalam CD tersebut dapat berlangsung dipraktikan oleh siswa terhadap software tersebut.

3.   Video Pembelajaran

Selain CD interaktif, video termasuk media yang dapat digunakan untuk pembelajaran di SD. Video ini bersifat interaktif-tutorial membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Siswa juga dapat secara interaktif mengikuti kegiatan praktek sesuai yang diajarkan dalam video.

Penggunaan CD interaktif di SD cocok untuk mengajarkan suatu proses. Video bersifat interaktif tutorial membimbing peserta didik untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Misalnya cara penyerbukan pada tumbuhan, teknik okulasi, pembelahan sel, proses respirasi dan lain-lain.

Penggunaan video pembelajaran dalam pembelajaran:

a.   Merupakan hasil rekaman dari aktivitas pembelajaran
b.   Membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi
c.   rinsipnya hampir sama dengan menonton film, sehingga tidak membosankan bagi siswa
d.   Video dapat dibuat sendiri atau download dari berbagai situs share video
e.   Apabila memungkinkan dapat disesuaikan dengan materi melalui proses editing.

4.   Internet

Internet singkatan dari interconection and networking, adalah jaringan informasi global, yaitu “the largest globel network of computer, thar enable people throughout the world to connect witheach other”. Pertama diluncurkan oleh J.C.R Licklider dari MIT (Massachusetts Institute Technology) pada bulan Agustus 1962.

Pemanfaatan internet ini sebagai media pembelajaran siswa dapat menganalisis informasi yang relevan dengan pembelajaran dan melakukan pencarian yang sesuai dengan kehidupan nyatanya. Siswa dan guru tidak harus hadir di sekolah secara fisik karena siswa dapat mempelajari bahan ajar dan mengerjakan tugas-tugas pembelajaran serta ujian dengan cara mengakses jaringan komputer yang telah ditetapkan secara online.

Penggunaan internet dalam pembelajaran:

a.   Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan siswa untuk belajar mandiri
b. Siswa dapat mengakses secara online dari berbagai perpustakaan,museum, data base dan mendapatkan sumber primer tentang berbagai peristiwa sejarah, biografi, rekaman, laporan dan data statistic
c. Siswa dapat berperan sebagai seorang peneliti, menjadi seorang analisis, tidak hanya sebagai konsumen informasi saja
d.   Media berbasis internet memiliki bermacam/macam jenis, yaitu: email, chatting, video-teleconference, blog, e-learning, web dan lain-lain.

B.  Teknik Pembuatan Media Pembelajaran PAI Berbasis Komputer

Telah disebutkan diatas, ada beberapa media pembelajaran yang dihasilkan dari media komputer, sehingga dalam pembelajaran tidak hanya mengandalkan seorang guru yang menjelaskan pelajaran didepan kelas saja, karena telah didepan kelas saja. Dari media pembelajaran diatas dapat kita ketahui teknik pembuatan media pembelajaran yang telah disebutkan tersebut, yaitu antara lain:

1.   Pembuatan media pembelajaran dengan penggunaan media presentasi

Media presentasi yang sampai saat ini masih popular dalam pembelajaran di sekolah-sekolah yaitu dengan menggunakan aplikasi Microsoft ofice power point. Biasanya penggunaan media ini telah digunakan hampir semua mata pelajaran di sekolah.

Pembuatan media ini diperlukan software atau aplikasi perancang presentasi seperti Microsoft Power Point  yang dikembangkan oleh Microsoft inc” Corel Presentation yang dikembangkan oleh Coral inc”  hingga perkembangan terbaru software yang dikembangkan macromedia inc, yang mengembangkan banyak sekali jenis software untuk mendukung kepentingan tersebut.

Dalam pembuatan Power point sebagai bahan presentasi dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dapat dilakukan dengan membuka aplikasi Power point, kemudian menulis teks presentasi yang dikehendaki lalu mewarnai teks sesuai dengan back ground yang digunakan, memberi background pada tampilan slide, memasukkan gambar dan video dengan teknik insert, membuat hyperlink pada media presentasi serta mengevaluasi program media presentasi.

Adapun untuk estetikanya setiap slide harus memperhatikan kesesuaian materi dengan gambar, audio serta video. Warna teks dengan background juga harus memberikan kenyamanan bagi mata, jangan sampai teks tidak terlihat karena back groundnya.

Teks dalam tiap-tiap slide juga harus dirancang agar tidak terlalu banyak dan memenuhi lembar slide, inti teks yang dipersingkat lebih mudah diterima dan diingat. Oleh sebab itu pembuatan materi pembelajaran dengan media Power point harus memperhatikan segi kemanfaatan serta keefeisiennya, agar media ini menjadi menarik dan tidak membosankan.

2.   Pembuatan media pembelajaran dengan penggunaan CD Multimedia Interaktif

CD Multimedia Interaktif ini biasa disebut juga dengan CD Interaktif, didalamnya berisikan materi-materi yang dikemas dalam bentuk CD atau DVD dan didalamnya memuat materi pembelajaran yang dapat berupa video tutorial, soal-soal latihan, materi pembelajaran yang disampaikan dapat berupa animasi, video dan suara.

Selain bersifat interkatif, media ini juga bersifat multimedia karena didalamnya terdapat unsur-unsur media pembelajaran yang lengkap. Pembuatan media ini bisa dibuat dengan menggunakan aplikasi macromedia atau sejenisnya yang sudah mulai berkembang saat ini.

Multimedia pembelajaran interaktif pendidikan  Agama Islam diciptakan untuk mempermudah pemahaman siswa dalam mempelajari pembelajaran Pendidikan Agama Islam, terutama pemahaman tentang pembelajaran gerakan sholat. Konsep gerak yang abstrak divisualisasikan oleh komputer melalui animasi yang dibuat dengan Macromedia Flash MX.

Hasil animasi tersebut dikolaborasikan dengan gambar, musik dan teks. Kombinasi dari berbagai media tersebut membuat tampilan program menjadi lebih menarik. Dengan tampilan yang menarik dan visualisasi kejadian yang abstrak, membuat pengguna akan lebih tertarik mempelajari materi dalam program.

Seperti pembuatan model materi pembelajaran berbentuk soal dapat digunakan jenis teks dan animasi yang bisa digabungkan menjadi satu dalam satu layar. Sehingga siswa dapat menunjuk dan menjawab soal melalui media ini. 

Yang kedua, pembuatan model pembelajaran dengan tutorial, yaitu dengan merekam materi yang akan disampaikan kedalam bentuk teks, gambar dan bisa juga dibuat dengan berbentuk animasi yang bisa dibuat dengan aplikasi tertentu dalam komputer.

Pembuatan media pembelajaran interaktif ini diharapkan menjadi media pembelajaran mandiri, tetapi karena narasi belum digabungkan dengan program ini, membuat program ini masih membutuhkan guru untuk sedikit menjelaskan atau menerangkan tentang program dan isinya. Selain itu tidak adanya tombol untuk menghidupkan dan mematikan suara, membuat suara hanya dapat dikendalikan melalui speaker komputer.

3.   Pembuatan media pembelajaran dengan penggunaan video tutorial

Pembuatan media ini bisa digunakan dengan memasukkan video yang telah direkam kedalam komputer dan dapat dapat diberikan dengan cara pembuatan atau materi yang akan disampaikan kepada siswa. Video ini bisa berupa rekaman video atau dengan membuat animasi video yang memberitahukan cara-cara atau menjelaskan materi-materi pelajaran.

Video bisa dibuat sendiri atau bisa juga mendownload dari situs share video yang ada diinternet. Dan untuk menyesuaikan materi, video dapat melalui proses editing dengan menggunakan program aplikasi edit video yang ada dalam komputer. Seperti dalam pelajaran PAI contohnya penyembelihan hewan Kurban, pelaksanaan Umroh-haji, dan lain sebagainya.

4.   Pembuatan media pembelajaran dengan penggunaan internet

Dalam hal ini, tidak dijelaskan dalam pembuatan model pembelajaran dengan menggunakan internet. Akan tetapi akan dijelaskan pemanfaatan internet untuk pembelajaran di sekolah, seperti cara bagaimana share materi pembelajaran melalui internet seperti pembuatan blog pribadi, yaitu yang masih online atau bahkan sudah termasuk blog online yang dapat diakses masyarakat luas dalam internet.

Dalam pembuatan model pembelajaran ini dapat menggunakan aplikasi internet oline yang menggunakan software tertentu seperti XAMPP atau sejenisnya. Pembuatan model ini yaitu dengan menginstal software yang akan digunakan, kemudian memasukkan materi dalam kolom atau lembar kerja yang telah tersedia lalu dapat di akseskan menggunakan software tersebut.

Dalam media ini yang dapat dimasukkan yaitu hanya bisa berupa gambar, grafik, dan teks. Karena media ini hanya mampu menampilkan dalam bentuk teks atau gambar saja.


BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan

Media pembelajaran berbasis komputer merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis micro-processor. Komputer adalah mesin yang dirancang khusus untuk memanipulasi informasi yang diberi kode serta merupakan mesin elektronik yang otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan yang rumit.

Dari hasil pembahasan tentang penggunaan media komputer sebagai media pembelajaran PAI terdapat tiga hasil temuan, ialah sebagai berikut:

1. Dalam pemakaian media komputer guru PAI dirasa cukup membantu dalam penyampaian materi pelajaran yang akan disampaikan.
2.  Siswa akan merasa lebih senang dan tidak bosan dengan menggunakan media komputer yang inovatif dan kreatif.
3.   Seorang guru dirasa sudah cukup memahami program-program komputer yang semakin berkembang dimasa ini sehingga memudahkan untuk menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan media komputer tanpa mengalami kesulitan yang berarti.


DATAR PUSTAKA

Sumber http://www.academia.edu
Sumber Azzahra Susan http://pintubelajarcerdas.blogspot.co.id


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makalah Media Pembelajaran PAI Tentang Teknik Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer"

Post a Comment