BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Teknologi
pembelajaran berkaitan erat dengan upaya pemecahan masalah belajar manusia.
Upaya pemecahan masalah tersebut adalah melalui teknologi pembelajaran.
Komputer menjadi suatu teknologi penting dalam masyarakat dalam kegiatan
bisnis, di sekolah, dirumah, banyak materi pembelajaran yang dapat disampaikan
melalui komputer, jika peserta didik memiliki kemampuan menggunakan komputer.
Materi
tersebut terkait dengan tujuan pendidikan, oleh karena itu harus disajikan ukuran
dalam kurikulum di sekolah dasar dan sekolah menengah. Dengan demikian materi
pendidikan agama dapat dikaitkan dengan penggunaan teknologi media berbasis
komputer.
Komputer
merupakan jenis media yang secara virtual dapat menyediakan respon yang segera
terhadap hasil belajar seorang siswa. Lebih dari itu, komputer memiliki kemampuan
menyimpan dan memanipulasi informasi sesuai dengan kebutuhan. Perkembangan
teknologi saat ini yang semakin pesat saat ini telah memungkinkan komputer
memuat dan menayangkan beraga bentuk media didalamnya.
Saat
ini teknologi komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai sarana komputasi dan
pengolahan kata (word processor), tetapi juga sebagai sarana belajar multimedia
yang memungkinkan peserta didik membuat desain serta merekeyasa suatu konsep
ilmu pengetahuan. Dengan demikian Kami akan membahas tentang Teknik pembuatan
Media pembelajaran PAI berbasis Komputer.
B.
Rumusan Masalah
1.
Berapa bentuk penggunaan Media
Komputer Dalam pembelajaran PAI?
2.
Apa saja yang dihasilkan dalam media
pembelajaran PAI berbasis komputer?
C.
Tujuan
1.
Mengetahui penggunaan media komputer
dalam pembelajaran PAI.
2.
Mengetahui hasil dari teknik pembuatan
media pembelajaran PAI berbasis komputer.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Bentuk Penggunaan
Media Pembelajaran PAI Berbasis komputer
Sebelum
mengetahui bentuk penggunaan media pembelajaran berbebasis komputer, kita
ketahui terlebih dahulu pengertian dari komputer. Komputer adalah mesin yang
dirancang khusus untuk memanipulasi informasi yang diberi kode, serta merupakan
mesin elektronik yang otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan sederhana
dan rumit.
Kelebihan
komputer dalam pendidikan antara lain:
1. Peserta didik belajar sesuai dengan
kemampuan dan kecepatanya memahami pengetahuan dan informasi.
2.
Membantu peserta didik yang memiliki
kecepatan belajar lebat (slow learner)agar belajar efektif.
3.
Memacu efektivitas belajar bagi
peserta didik yang lebih cepat (fast learner).
4. Menarik perhatian peserta didik karena
mampu mengintegerasikan komponen warna, musik dan animasi grafik.
Pemanfaatan
komputer dalam pendidikan biasanya dikenal,dinamakan pembelajaran dengan
bantuan komputer (CAI: Computer Assisted
Instruction) yaitu suatu sistem penyampaian materi pelajaran yang berbasis
micro-processor, pelajarannya diprogram dan dirancang dalam system tersebut.
System ini dikembangkan dalam beberapa format, antara lain drills dan practice, tutorial,
simulasi, permainan, dan discovery.
Komputer
telah juga digunakan untuk mengadministrasikan tes dan pengelolaan administrasi
sekolah. Komputer dapat mengakomodasikan siswa yang lamban menerima pelajaran
karena ia dapat memberikan iklim yang lebih efektif dengan cara yang lebih individual,
tidak pernah lupa, tidak pernah bosan, sangat sabar dalam menjalankan instruksi
seperti yang diinginkan program yang digunakan.
Komputer
juga dapat merangsang siswa untuk mengerjakan latihan dan melakukan kegiatan
laboratorium atau simulasi. Hal ini karena tersedianya animasi grafik, warna
dan musik dalam komputer sehingga dapat menambah realisme.
Kemampuan komputer dalam merekam aktivitas siswa selama menggunakan suatu program pembelajaran PAI memberikan kesempatan lebih baik untuk pembelajaran secara perorangan dan perkembangan setiap siswa selalu dapat dipantau.
Kemampuan komputer dalam merekam aktivitas siswa selama menggunakan suatu program pembelajaran PAI memberikan kesempatan lebih baik untuk pembelajaran secara perorangan dan perkembangan setiap siswa selalu dapat dipantau.
Media
dalam pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan
yang disampaikan guru. Media juga berfungsi untuk pembelajaran individual
dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan belajar siswa (pola
media). Beberapa bentuk penggunaan media komputer yang dapat digunakan dalam
pembelajaran PAI, antara lain:
1.
Penggunaan Media
Presentasi
Media
presentasi digunakan untuk memperjelas materi-materi yang bersifat tereotis,
digunakan dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak
diatas 12 orang. Media ini cukup efektif karena menggunakan media projecktor yang
memiliki daya pancar cukup besar.
Kelebihan
menggunakan media ini adalah menggabungkan semua unsur media seperti teks,
video, audio, animasi, gambar, grafik menjadi satu kesatuan penyajian. Sehingga mengakomodasi
sesuai dengan modalitas belajar siswa.
Penggunaan
alat perancang presentasi seperti Microsoft Power Point yang dikembangkan oleh Microsoft inc” Corel
Presentation yang dikembangkan oleh Coral inc” hingga perkembangan terbaru perangkat
lunak yang dikembangkan macromedia inc, yang mengembangkan banyak sekali jenis
perangkat lunak untuk mendukung kepentingan tersebut.
Pembuatan
media pembelajaran dengan menggunakan media presentasi ini khusunya dengan
menggunakan Microsoft Power Point ini yaitu dengan cara memasukkan teks,
gambar, grafik, video dan audio kedalam lembar kerjanya. Dan setelah semuanya
selesai maka dapat ditampilkan melalui projecktor dan dapat dipresentasikan
kepada siswa.
2.
CD Multimedia
Interaktif
CD
interaktitif dapat digunakan pada pembelajaran di sekolah,sebab cukup efektif
meningkatkan hasil belajar siswa terutama komputer. Terdapat dua istilah dalam
perkembangan CD Interaktif ini yaitu Computer Based Instructions (CBI) dan
Computer Assisted Intruction (CAI).
Sifat media ini selain interaktif juga bersifat multimedia yang terdapat unsur-unsur media secara lengkap yang meliputi sound, animasi, video, teks dan grafik. Beberapa model multimedia interaktif diantaranya:
Sifat media ini selain interaktif juga bersifat multimedia yang terdapat unsur-unsur media secara lengkap yang meliputi sound, animasi, video, teks dan grafik. Beberapa model multimedia interaktif diantaranya:
a. Model Drill: dalam CBI merupakan salah
satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang
lebih konkrit melalui penciptaan tiruan bentuk pengalaman dalam bentuk yang
berbeda. Jadi model ini dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi Macromedia
flash yang menggunakan contoh-contoh soal dalam pengaplikasiannya.
b. Model tutorial: merupakan salah satu
strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar dengan menggunakan
perangkat lunak berupa program komputer yang berisi materi pembelajaran.
Program ini juga menuntut siswa untuk mengaplikasikan ide dan pengetahuan yang
dimilikinya secara langsung dalam kegiatan pembelajaran.
c.
Model Simulasi: merupakan salah satu
strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih
kongkrit melalui penciptaan tiruan/tiruan bentuk pengalaman yang mendekati
suasana yang sebenarnya.
Pada
umumnya tipe penyajian yang banyak digunakan adalah tutorial. Tutorial ini
membimbing siswa secara tuntas menguasai materi dengan cepat dan menarik.
Setiap siswa cenderung memiliki perbedaan penguasaan materi tergantung dari
kemampuan yang dimilikinya.
Penggunaan
tutorial melalui CD Interaktif lebih efektif untuk mengajarkan penguasaan
software kepada siswa dibandingkan dengan mengajarkan hardware. Selain itu,
materi-materi yang diajarkan dalam CD tersebut dapat berlangsung dipraktikan
oleh siswa terhadap software tersebut.
3.
Video Pembelajaran
Selain
CD interaktif, video termasuk media yang dapat digunakan untuk pembelajaran di
SD. Video ini bersifat interaktif-tutorial membimbing siswa untuk memahami
sebuah materi melalui visualisasi. Siswa juga dapat secara interaktif mengikuti
kegiatan praktek sesuai yang diajarkan dalam video.
Penggunaan
CD interaktif di SD cocok untuk mengajarkan suatu proses. Video bersifat
interaktif tutorial membimbing peserta didik untuk memahami sebuah materi melalui
visualisasi. Misalnya cara penyerbukan pada tumbuhan, teknik okulasi,
pembelahan sel, proses respirasi dan lain-lain.
Penggunaan
video pembelajaran dalam pembelajaran:
a.
Merupakan hasil rekaman dari aktivitas
pembelajaran
b.
Membimbing siswa untuk memahami sebuah
materi melalui visualisasi
c.
rinsipnya hampir sama dengan menonton
film, sehingga tidak membosankan bagi siswa
d.
Video dapat dibuat sendiri atau
download dari berbagai situs share video
e.
Apabila memungkinkan dapat disesuaikan
dengan materi melalui proses editing.
4.
Internet
Internet
singkatan dari interconection and networking, adalah jaringan informasi global,
yaitu “the largest globel network of computer, thar enable people throughout
the world to connect witheach other”. Pertama diluncurkan oleh J.C.R Licklider
dari MIT (Massachusetts Institute Technology) pada bulan Agustus 1962.
Pemanfaatan
internet ini sebagai media pembelajaran siswa dapat menganalisis informasi yang
relevan dengan pembelajaran dan melakukan pencarian yang sesuai dengan
kehidupan nyatanya. Siswa dan guru tidak harus hadir di sekolah secara fisik
karena siswa dapat mempelajari bahan ajar dan mengerjakan tugas-tugas
pembelajaran serta ujian dengan cara mengakses jaringan komputer yang telah ditetapkan
secara online.
Penggunaan
internet dalam pembelajaran:
a.
Pemanfaatan internet sebagai media
pembelajaran mengkondisikan siswa untuk belajar mandiri
b. Siswa dapat mengakses secara online
dari berbagai perpustakaan,museum, data base dan mendapatkan sumber primer
tentang berbagai peristiwa sejarah, biografi, rekaman, laporan dan
data statistic
c. Siswa dapat berperan sebagai seorang
peneliti, menjadi seorang analisis, tidak hanya sebagai konsumen informasi saja
d.
Media berbasis internet memiliki
bermacam/macam jenis, yaitu: email, chatting, video-teleconference, blog,
e-learning, web dan lain-lain.
B.
Teknik Pembuatan
Media Pembelajaran PAI Berbasis Komputer
Telah
disebutkan diatas, ada beberapa media pembelajaran yang dihasilkan dari media
komputer, sehingga dalam pembelajaran tidak hanya mengandalkan seorang guru
yang menjelaskan pelajaran didepan kelas saja, karena telah didepan kelas saja.
Dari media pembelajaran diatas dapat kita ketahui teknik pembuatan media
pembelajaran yang telah disebutkan tersebut, yaitu antara lain:
1.
Pembuatan media
pembelajaran dengan penggunaan media presentasi
Media
presentasi yang sampai saat ini masih popular dalam pembelajaran
di sekolah-sekolah yaitu dengan menggunakan aplikasi Microsoft ofice power point.
Biasanya penggunaan media ini telah digunakan hampir semua mata pelajaran di
sekolah.
Pembuatan
media ini diperlukan software atau aplikasi perancang presentasi seperti Microsoft
Power Point yang dikembangkan oleh Microsoft
inc” Corel Presentation yang dikembangkan oleh Coral inc” hingga perkembangan terbaru software yang
dikembangkan macromedia inc, yang mengembangkan banyak sekali jenis software
untuk mendukung kepentingan tersebut.
Dalam
pembuatan Power point sebagai bahan presentasi dapat dilakukan dengan mudah,
yaitu dapat dilakukan dengan membuka aplikasi Power point, kemudian menulis teks
presentasi yang dikehendaki lalu mewarnai teks sesuai dengan back ground yang digunakan,
memberi background pada tampilan slide, memasukkan gambar dan video dengan
teknik insert, membuat hyperlink pada media presentasi serta mengevaluasi
program media presentasi.
Adapun
untuk estetikanya setiap slide harus memperhatikan kesesuaian materi dengan
gambar, audio serta video. Warna teks dengan background juga harus memberikan
kenyamanan bagi mata, jangan sampai teks tidak terlihat karena back groundnya.
Teks
dalam tiap-tiap slide juga harus dirancang agar tidak terlalu banyak
dan memenuhi lembar slide, inti teks yang dipersingkat lebih mudah diterima dan
diingat. Oleh sebab itu pembuatan materi pembelajaran dengan media Power point
harus memperhatikan segi kemanfaatan serta keefeisiennya, agar media ini menjadi
menarik dan tidak membosankan.
2.
Pembuatan media
pembelajaran dengan penggunaan CD Multimedia Interaktif
CD
Multimedia Interaktif ini biasa disebut juga dengan CD Interaktif, didalamnya
berisikan materi-materi yang dikemas dalam bentuk CD atau DVD dan didalamnya
memuat materi pembelajaran yang dapat berupa video tutorial, soal-soal latihan,
materi pembelajaran yang disampaikan dapat berupa animasi, video dan suara.
Selain
bersifat interkatif, media ini juga bersifat multimedia karena didalamnya
terdapat unsur-unsur media pembelajaran yang lengkap. Pembuatan media ini bisa
dibuat dengan menggunakan aplikasi macromedia atau sejenisnya yang sudah mulai
berkembang saat ini.
Multimedia
pembelajaran interaktif pendidikan Agama
Islam diciptakan untuk mempermudah pemahaman siswa dalam mempelajari
pembelajaran Pendidikan Agama Islam, terutama pemahaman tentang pembelajaran
gerakan sholat. Konsep gerak yang abstrak divisualisasikan oleh komputer
melalui animasi yang dibuat dengan Macromedia Flash MX.
Hasil
animasi tersebut dikolaborasikan dengan gambar, musik dan teks. Kombinasi dari
berbagai media tersebut membuat tampilan program menjadi lebih menarik. Dengan tampilan
yang menarik dan visualisasi kejadian yang abstrak, membuat pengguna akan lebih
tertarik mempelajari materi dalam program.
Seperti
pembuatan model materi pembelajaran berbentuk soal dapat digunakan jenis teks
dan animasi yang bisa digabungkan menjadi satu dalam satu layar. Sehingga siswa
dapat menunjuk dan menjawab soal melalui media ini.
Yang kedua, pembuatan model pembelajaran dengan tutorial, yaitu dengan merekam materi yang akan disampaikan kedalam bentuk teks, gambar dan bisa juga dibuat dengan berbentuk animasi yang bisa dibuat dengan aplikasi tertentu dalam komputer.
Yang kedua, pembuatan model pembelajaran dengan tutorial, yaitu dengan merekam materi yang akan disampaikan kedalam bentuk teks, gambar dan bisa juga dibuat dengan berbentuk animasi yang bisa dibuat dengan aplikasi tertentu dalam komputer.
Pembuatan
media pembelajaran interaktif ini diharapkan menjadi media pembelajaran
mandiri, tetapi karena narasi belum digabungkan dengan program ini, membuat
program ini masih membutuhkan guru untuk sedikit menjelaskan atau menerangkan tentang
program dan isinya. Selain itu tidak adanya tombol untuk menghidupkan dan
mematikan suara, membuat suara hanya dapat dikendalikan melalui speaker
komputer.
3.
Pembuatan media
pembelajaran dengan penggunaan video tutorial
Pembuatan
media ini bisa digunakan dengan memasukkan video yang telah direkam kedalam
komputer dan dapat dapat diberikan dengan cara pembuatan atau materi yang akan
disampaikan kepada siswa. Video ini bisa berupa rekaman video atau dengan
membuat animasi video yang memberitahukan cara-cara atau menjelaskan materi-materi
pelajaran.
Video
bisa dibuat sendiri atau bisa juga mendownload dari situs share video yang ada
diinternet. Dan untuk menyesuaikan materi, video dapat melalui proses editing
dengan menggunakan program aplikasi edit video yang ada dalam komputer. Seperti
dalam pelajaran PAI contohnya penyembelihan hewan Kurban, pelaksanaan Umroh-haji,
dan lain sebagainya.
4.
Pembuatan media
pembelajaran dengan penggunaan internet
Dalam
hal ini, tidak dijelaskan dalam pembuatan model pembelajaran dengan menggunakan
internet. Akan tetapi akan dijelaskan pemanfaatan internet untuk pembelajaran
di sekolah, seperti cara bagaimana share materi pembelajaran melalui internet
seperti pembuatan blog pribadi, yaitu yang masih online atau bahkan sudah termasuk
blog online yang dapat diakses masyarakat luas dalam internet.
Dalam
pembuatan model pembelajaran ini dapat menggunakan aplikasi internet oline yang
menggunakan software tertentu seperti XAMPP atau sejenisnya. Pembuatan model
ini yaitu dengan menginstal software yang akan digunakan, kemudian memasukkan
materi dalam kolom atau lembar kerja yang telah tersedia lalu dapat di akseskan
menggunakan software tersebut.
Dalam
media ini yang dapat dimasukkan yaitu hanya bisa berupa gambar, grafik, dan
teks. Karena media ini hanya mampu menampilkan dalam bentuk teks atau gambar
saja.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Media
pembelajaran berbasis komputer merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan
materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis micro-processor. Komputer
adalah mesin yang dirancang khusus untuk memanipulasi informasi yang diberi
kode serta merupakan mesin elektronik yang otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan
yang rumit.
Dari
hasil pembahasan tentang penggunaan media komputer sebagai media pembelajaran PAI
terdapat tiga hasil temuan, ialah sebagai berikut:
1. Dalam pemakaian media komputer guru
PAI dirasa cukup membantu dalam penyampaian materi pelajaran yang akan
disampaikan.
2. Siswa akan merasa lebih senang dan
tidak bosan dengan menggunakan media komputer yang inovatif dan kreatif.
3.
Seorang guru dirasa sudah cukup
memahami program-program komputer yang semakin berkembang dimasa ini sehingga memudahkan
untuk menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan media komputer tanpa
mengalami kesulitan yang berarti.
DATAR PUSTAKA
Sumber
http://www.academia.edu
Sumber Azzahra Susan http://pintubelajarcerdas.blogspot.co.id
Belum ada tanggapan untuk "Makalah Media Pembelajaran PAI Tentang Teknik Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer"
Post a Comment