Pada Pelajaran sebelumnya, Anda telah belajar menyimak
puisi. Pelajaran tersebut dapat membantu Anda memahami pelajaran saat ini,
yaitu mengapresiasi puisi.
Puisi adalah bentuk karya sastra yang menggunakan
kata-kata indah dan kaya akan makna. Keindahan sebuah puisi disebabkan oleh
diksi, majas, rima, dan irama yang terkandung dalam karya sastra tersebut.
Adapun kekayaan makna yang terkandung dalam puisi disebabkan oleh peradatan
segala unsur bahasa.
Bahasa yang digunakan dalam puisi berbeda dari bahasa
yang digunakan sehari-hari. Puisi menggunakan bahasa yang ringkas, namun kaya
akan makna. Kata-kata yang digunakan adalah kata-kata konotatif, yang
mengandung banyak penafsiran dan pengertian.
Secara garis besar, unsur-unsur puisi
terbagi atas unsur fisik dan unsur batin.
1. Unsur Fisik
Unsur fisik meliputi diksi, pengimajian, kata konkret,
bahasa figuratif, rima dan ritma, serta tata wajah.
a. Diksi (Pemilihan Kata)
Kata-kata yang digunakan dalam puisi merupakan hasil
pemilihan yang sangat cermat. Kata-kata tersebut merupakan hasil pertimbangan,
baik makna, susunan bunyinya maupun hubungan kata itu dengan kata-kata
lain dalam baris dan baitnya.
Kedudukan kata-kata dalam puisi sangat penting. Kata-kata
ini harus bersifat konotatif sehingga maknanya dapat lebih dari satu. Kata-kata
yang dipilih, hendaknya, bersifat puitis, yang mempunyai efek keindahan.
Bunyinya pun harus indah dan memiliki keharmonisan dengan kata-kata lainnya.
b. Pengimajian
Pengimajian dapat didefinisikan sebagai kata atau susunan
kata yang dapat menimbulkan khayalan atau imajinasi. Dengan daya imajinasi
tersebut, pembaca seolah-olah merasakan, mendengar, atau melihat sesuatu yang
diungkapkan penyair.
Perhatikan cuplikan puisi berikut:
“Kehilangan Mestika”
Sepoi berhembus angin menyejuk diri
Kelana termenung merenung air
lincah bermain ditimpa sinar
Hanya sebuah bintang
kelap kemilau
tercampak di langit tidak berteman
Hatiku-hatiku
belum juga sejuk dibuai bayu
girang beriak mencontoh air
Atau laksana bintang biarpun sunyi
tetap bersinar berbinar-binar
petunjuk nelayan di samudera lautan
(Aoh Kartahadimadja)
Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar menjelaskan makna
idiomatik dan mengungkapkan unsur intrinsik dalam puisi. Tujuan pelajaran ini
adalah agar Anda dapat menemukan diksi, majas, tema, amanat, nada, dan suasana
dalam puisi tersebut. Kemudian, Anda dapat menyimpulkan pesan yang tersirat
dalam puisi tersebut.
Penyair dalam puisi ini menggambarkan gerak alam seperti hembusan angin, permainan air, bintang bersinar. Dengan penggambaran yang cukup
jelas itu, pembaca seakan-akan ikut menyaksikan girang dan kemilaunya suasana
alam, serta merasakan keadaan hati kelana yang tengah bersedih.
c. Kata Konkret
Untuk membangkitkan imajinasi pembaca, kata-kata harus
dikonkretkan atau diperjelas. Jika penyair mahir mengonkretkan kata-kata,
pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan apa yang dilukiskan
penyair dan dapat membayangkan secara jelas peristiwa atau keadaan yang
dilukiskan penyair.
Perhatikan contoh cuplikan puisi yang berjudul "Gadis
Peminta-minta" di bawah ini:
“Gadis Peminta-minta”
Setiap kita bertemu, gadis kecil berkaleng kecil
Senyummu terlalu kekal untuk kenal duka
Tengadah padaku, pada bulan merah jambu
Tapi kataku jadi hilang, tanpa jiwa
Ingin aku ikut, gadis kecil berkaleng kecil
Pulang ke bawah jembatan yang melulur solok
Hidup dari, kehidupan angan-angan yang gemerlapan
Gembira ria kemanjaan riang
Duniamu yang lebih tinggi dari menara katedral
Melintas-Iintas di atas air kotor, tapi yang begitu kau
hafal
Jiwa begitu murni, terlalu murni
Untuk bisa membagi dukaku
(Toto Sudarto Bachtiar)
Untuk melukiskan bahwa gadis dalam puisi ini benar-benar
seorang pengemis gembel, penyair menggunakan kalimat gadis kecil berkaleng
kecil. Penggambaran ini lebih konkret daripada hanya menggunakan kalimat gadis
peminta-minta atau gadis miskin. Untuk melukiskan tempat tidur pengap di bawah
jembatan yang hanya dapat digunakan untuk menelentangkan tubuh, penyair menulis
pulang ke bawah jembatan yang melulur sosok.
Untuk mengkonkretkan dunia pengemis yang penuh kemayaan,
penyair menulis hidup dari kehidupan angan-angan yang gemerlapan, gembira ria
kemanjaan serta riang. Untuk mengonkretkan gambaran tentang martabat gadis itu
yang sama tingginya dengan martabat manusia lainnya, penyair menulis duniamu
yang lebih tinggi dari menara katedral.
d. Bahasa Figuratif (Majas)
Majas (figurative language) adalah bahasa yang
digunakan penyair untuk mengatakan sesuatu dengan cara membandingkannya dengan
benda atau kata lain. Majas mengiaskan atau mempersamakan sesuatu dengan hal
yang lain. Maksudnya, agar gambaran benda yang dibandingkan itu lebih jelas.
Misalnya, untuk menggambarkan keadaan ombak, penyair
menggunakan majas personifikasi berikut:
Risik risau ombak memecah di pantai landai buih berderai
Dalam cuplikan puisi tersebut, ombak digambarkan seolah-olah
manusia yang dapat risik dan memiliki rasa risau. Majas seperti ini menjadikan
puisi lebih indah. Perhatikan, misalnya, untaian kata-kata di pantai
landai/buih berderai. Kata-kata itu tampak indah (puitis) dengan digunakannya
persamaan bunyi /a/ dan /i/.
Sumber: PDS H.B Jassin
Kedalaman rasa ketuhanan tampak dalam pemilihan kata,
ungkapan, lambang, dan kiasan-kiasan yang digunakan penyair. Unsur-unsur
tersebut menunjukkan betapa erat hubungan antara penyair dan Tuhan. Puisi itu
juga menunjukkan keinginan penyair agar Tuhan mengisi seluruh kalbunya. Tentang
besarnya cinta, kerinduan, dan kepasrahan penyair akan Tuhannya, dapat kita
rasakan secara nyata dalam sajak ini.
e. Rima dan Ritma
Rima adalah pengulangan bunyi dalam puisi. Rima
menjadikan puisi lebih indah. Di samping itu, rima pun menjadikan makna lebih
kuat. Contoh rima adalah: Dan angin mendesah/mengeluh mendesah. Di samping
rima, dikenal pula istilah ritma, yang artinya pengulangan kata, frase, atau
kalimat dalam bait-bait puisi.
f. Tata Wajah (Tipografi)
Tata wajah (tipografi) merupakan pembeda penting antara
puisi dengan prosa dan drama. Larik-Iarik puisi tidak berbentuk paragraf, namun
berbentuk bait. Dalam puisi-puisi kontemporer, seperti karya-karya Sutardji
Calzoum Bachri, tipografi dipandang sebagai sesuatu yang sangat penting
sehingga menggeser kedudukan makna kata-kata.
2. Unsur Batin
Ada empat unsur batin dalam puisi, yakni tema (sense),
perasaan penyair (feeling), nada atau sikap penyair terhadap pembaca (tone),
dan amanat (intention).
a. Tema
Tema merupakan gagasan pokok yang diungkapkan penyair
dalam puisinya. Tema berfungsi sebagai landasan utama penyair dalam puisinya.
Tema itulah yang menjadi kerangka pengembangan sebuah puisi. Jika landasan
awalnya tentang ketuhanan, keseluruhan struktur puisi tidak lepas dari
ungkapan-ungkapan eksistensi Tuhan. Demikian pula halnya, jika yang dominan
adalah dorongan cinta dan kasih sayang, ungkapan-ungkapan asmaralah yang akan
ditonjolkan dalam puisi itu.
Perhatikan puisi berikut ini:
“Doa”
Dengan apakah kubandingkan pertemuan kita, kekasihku?
Dengan senja saraar sepoi, pada masa purnama
meningkat naik. setelah menghalaukan panas payah terik
Angin malam menghembus lemah, menyejuk badan
melambung rasa menayang pikir, membawa angan ke bawah
kursimu
Hatiku terang menerima kasihmu, bagai bintang memasang
lilinnya
Kalbuku terbuka menunggu kasihmu, bagai sedap malam
menyirak kelopak
Aduh, kekasihku, isi hatiku dengan katamu
penuhi dadaku dengan cayamu, biar bersinar
mataku sendu biar berbinar gelakku rayu!
(Amir Hamzah)
b. Perasaan
Puisi merupakan karya sastra yang paling mewakili
ekspresi perasaan penyair. Bentuk ekspresi itu dapat berupa kerinduan,
kegelisahan atau pengagungan kepada kekasih, alam, atau Sang Khalik. Jika
penyair hendak mengagungkan keindahan alam sebagai sarana ekspresinya, ia akan
memanfaatkan majas dan diksi yang mewakili dan memancarkan makna keindahan
alam.
Jika ekspresinya merupakan kegelisahan dan kerinduan
kepada Sang Khalik, bahasa yang digunakannya cenderung bersifat perenungan akan
eksistensinya dan hakikat keberadaan dirinya sebagai hamba Tuhan.
Cara penyair mengekspresikan bentuk-bentuk perasaannya
itu, antara lain, dapat dilihat dalam penggalan puisi berikut:
Hanyut aku Tuhanku
Dalam lautan kasih-Mu
Tuhan bawalah aku
Meninggi ke langit ruhani
Larik-larik tersebut diambil dari puisi yang berjudul
"Tuhan"
karya Bahrum Rangkuti. Puisi tersebut merupakan
pengejawantahan
kerinduan dan kegelisahan penyair untuk bertemu dengan
Sang Khalik.
Kerinduan dan kegelisahannya diekspresikannya melalui
kata hanyut,
kasih meninggi, dan langit ruhani.
c. Nada dan Suasana
Dalam menulis puisi, penyair mempunyai sikap tertentu
terhadap pembaca: apakah dia ingin bersikap menggurui, menasihati, mengejek,
menyindir, atau hanya menceritakan sesuatu kepada pembaca. Sikap penyair kepada
pembaca ini disebut nada puisi. Adapun suasana adalah keadaan jiwa pembaca
setelah membaca puisi itu. Suasana merupakan akibat yang ditimbulkan puisi
terhadap jiwa pembaca.
Nada dan suasana puisi saling berhubungan. Nada puisi
menimbulkan suasana tertentu terhadap pembacanya. Nada duka yang diciptakan
penyair dapat menimbulkan suasana iba di hati pembaca, nada kritik dapat
menimbulkan suasana penuh pemberontakan, dan nada religius dapat menimbulkan
suasana khusyuk.
Perhatikan puisi berikut:
“Ibu”
Ibu
kalau aku merantau lalu datang musim kemarau
sumur-sumur kering, daunan pun gugur bersama teranting
hanya mataair airmatamu ibu, yang tetap lancar mengalir
bila aku merantau
sedap kopyor susumu dan ronta kenakalanku
di hati ada mayang siwalan memutikkan sari-sari kerinduan
lantaran hutangku padamu tak kuasa ku bayar
ibu adalah gua pertapaanku
dan ibulah yang meletakkan aku di sini
saat bunga kembang menyermerbak bau sayang
ibu menunjukan ke langit, kemudian ke bumi
aku mengangguk meskipun kurang mengerti
(D. Zawawi Imron)
Dalam puisi "Ibu" tersebut, penyair
menggambarkan suasana kerinduan tokoh aku pada ibunya ketika sedang merantau di
negeri seberang. Setelah dia pergi merantau dan jauh dari ibunya, kehidupan
tokoh aku menjadi hampa. Akan tetapi, kasih sayang ibunya terus mengalir
terhadap anaknya.
Tokoh aku merasa belum dapat membayar jasa-jasa ibunya
selama ini. Sampai kapan pun kasih sayang seorang ibu terhadap anaknya tidak
akan pernah dapat terbayar oleh apapun. Kemudian, tokoh aku merasa dirinya
berutang budi kepada ibunya. Ibunya hanya dapat berpesan kepada dirinya agar
dapat menjaga diri, pada waktu jauh dari ibunya.
d. Amanat
Amanat yang hendak disampaikan oleh penyair dapat
ditelaah setelah kita memahami tema, rasa, dan nada puisi itu. Tujuan atau
amanat merupakan hal yang mendorong penyair untuk menciptakan puisinya. Amanat
tersirat di balik kata-kata yang disusun dan berada di balik tema yang
diungkapkan.
Amanat yang hendak disampaikan oleh penyair mungkin
secara sadar berada dalam pikiran penyair. Namun, lebih banyak penyair tidak
menyadari amanat yang hendak diberikan dalam puisinya. Dalam karya sastra,
biasanya, pengarang menggunakan bahasa yang mengandung makna-makna idiomatik,
seperti pepatah, peribahasa, dan majas.
Belum ada tanggapan untuk "Mengapresiasi Puisi: Unsur Fisik dan Unsur Batin"
Post a Comment