Kegunaan CD Multimedia Interaktif, Unsur-Unsur Media, dan Model Multimedia Interaktif

CD interaktitif dapat digunakan pada pembelajaran di sekolah,sebab cukup efektif meningkatkan hasil belajar siswa terutama komputer. Terdapat dua istilah dalam perkembangan CD Interaktif ini yaitu Computer Based Instructions (CBI) dan Computer Assisted Instruction (CAI). 

Sifat media ini selain interaktif juga bersifat multimedia yang terdapat unsur-unsur media secara lengkap yang meliputi sound, animasi, video, teks dan grafik. Beberapa model multimedia interaktif diantaranya:

a. Model Drill: dalam CBI merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih konkrit melalui penciptaan tiruan bentuk pengalaman dalam bentuk yang berbeda. Jadi model ini dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi Macromedia flash yang menggunakan contoh-contoh soal dalam pengaplikasiannya.

b. Model tutorial: merupakan salah satu strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar dengan menggunakan perangkat lunak berupa program komputer yang berisi materi pembelajaran. Program ini juga menuntut siswa untuk mengaplikasikan ide dan pengetahuan yang dimilikinya secara langsung dalam kegiatan pembelajaran.

c.   Model Simulasi: merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui penciptaan tiruan/tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.
           
Pada umumnya tipe penyajian yang banyak digunakan adalah tutorial. Tutorial ini membimbing siswa secara tuntas menguasai materi dengan cepat dan menarik. Setiap siswa cenderung memiliki perbedaan penguasaan materi tergantung dari kemampuan yang dimilikinya.

Penggunaan tutorial melalui CD Interaktif lebih efektif untuk mengajarkan penguasaan software kepada siswa dibandingkan dengan mengajarkan hardware. Selain itu, materi-materi yang diajarkan dalam CD tersebut dapat berlangsung dipraktikan oleh siswa terhadap software tersebut.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kegunaan CD Multimedia Interaktif, Unsur-Unsur Media, dan Model Multimedia Interaktif"

Post a Comment