Booting: Pengertian Booting dan Proses Awal Booting

Booting adalah proses awal saat komputer dihidupkan. Proses awal booting dapat dijelaskan dengan menggunakan skema pada Gambar 4.20.  dimulai dari pembacaan dan eksekusi program yang tersimpan di ROM komputer dan data setup yang tersimpan dalam CMOS.

Bagian ini disebut POST (Power On Self Test) apabila berhasil, maka perangkat lunak sistem BIOS yang berisi program BIOS dari ROM dan BIOS dari adapter (misalnya dari VGA) akan dimuat ke memori utama (RAM) dan dilanjutkan dengan pembacaan program start-up yang tersimpan di dalam boot sector hard disk. Dari sini barulah sistem operasi dimuat dari hard disk. 

Pada sistem operasi seperti Microsoft Windows, kita tidak dapat melihat apa yang terjadi ketika sistem operasi dimuat (mulai dijalankan). Kita hanya disuguhi tampilan (biasanya logo) yang disebut sebagai boot-splash. Tetapi pada keluarga Linux, kita dapat memilih apakah proses jalannya sistem operasi ditampilkan atau tidak dengan mengkonfigurasi file boot-loader (biasanya menggunakan LILO atau Grub).


Gambar 4.20. Proses awal booting

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Booting: Pengertian Booting dan Proses Awal Booting"

Post a Comment