Bentuk Penggunaan Media Pembelajaran PAI Berbasis Komputer dan Kelebihan Komputer dalam Pendidikan

Sebelum mengetahui bentuk penggunaan media pembelajaran berbebasis komputer, kita ketahui terlebih dahulu pengertian dari komputer. Komputer adalah mesin yang dirancang khusus untuk memanipulasi informasi yang diberi kode, serta merupakan mesin elektronik yang otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan sederhana dan rumit.

Kelebihan komputer dalam pendidikan antara lain:

1. Peserta didik belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatanya memahami pengetahuan dan informasi.
2.   Membantu peserta didik yang memiliki kecepatan belajar lebat (slow learner)agar belajar efektif.
3.   Memacu efektivitas belajar bagi peserta didik yang lebih cepat (fast learner).
4. Menarik perhatian peserta didik karena mampu mengintegerasikan komponen warna, musik dan animasi grafik.

Pemanfaatan komputer dalam pendidikan biasanya dikenal,dinamakan pembelajaran dengan bantuan komputer (CAI: Computer  Assisted Instruction) yaitu suatu sistem penyampaian materi pelajaran yang berbasis micro-processor, pelajarannya diprogram dan dirancang dalam system tersebut. System ini dikembangkan dalam beberapa format, antara lain drills dan practice, tutorial, simulasi, permainan, dan discovery.

Komputer telah juga digunakan untuk mengadministrasikan tes dan pengelolaan administrasi sekolah. Komputer dapat mengakomodasikan siswa yang lamban menerima pelajaran karena ia dapat memberikan iklim yang lebih efektif dengan cara yang lebih individual, tidak pernah lupa, tidak pernah bosan, sangat sabar dalam menjalankan instruksi seperti yang diinginkan program yang digunakan.

Komputer juga dapat merangsang siswa untuk mengerjakan latihan dan melakukan kegiatan laboratorium atau simulasi. Hal ini karena tersedianya animasi grafik, warna dan musik dalam komputer sehingga dapat menambah realisme.  

Kemampuan komputer dalam merekam aktivitas siswa selama menggunakan suatu program pembelajaran PAI memberikan kesempatan lebih baik untuk pembelajaran secara perorangan dan perkembangan setiap siswa selalu dapat dipantau.

Media dalam pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru. Media juga berfungsi untuk pembelajaran individual dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan belajar siswa (pola media). 

Beberapa bentuk penggunaan media komputer yang dapat digunakan dalam pembelajaran PAI, antara lain:

1.   Penggunaan Media Presentasi

Media presentasi digunakan untuk memperjelas materi-materi yang bersifat tereotis, digunakan dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak diatas 12 orang. Media ini cukup efektif karena menggunakan media projecktor yang memiliki daya pancar cukup besar.

Kelebihan menggunakan media ini adalah menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, audio, animasi, gambar, grafik menjadi satu kesatuan penyajian. Sehingga mengakomodasi sesuai dengan modalitas belajar siswa.

Penggunaan alat perancang presentasi seperti Microsoft Power Point  yang dikembangkan oleh Microsoft inc” Corel Presentation yang dikembangkan oleh Coral inc” hingga perkembangan terbaru perangkat lunak yang dikembangkan macromedia inc, yang mengembangkan banyak sekali jenis perangkat lunak untuk mendukung kepentingan tersebut.

Pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan media presentasi ini khusunya dengan menggunakan Microsoft Power Point ini yaitu dengan cara memasukkan teks, gambar, grafik, video dan audio kedalam lembar kerjanya. Dan setelah semuanya selesai maka dapat ditampilkan melalui projecktor dan dapat dipresentasikan kepada siswa.

2.   CD Multimedia Interaktif

CD interaktitif dapat digunakan pada pembelajaran di sekolah,sebab cukup efektif meningkatkan hasil belajar siswa terutama komputer. Terdapat dua istilah dalam perkembangan CD Interaktif ini yaitu Computer Based Instructions (CBI) dan Computer Assisted Intruction (CAI). 

Sifat media ini selain interaktif juga bersifat multimedia yang terdapat unsur-unsur media secara lengkap yang meliputi sound, animasi, video, teks dan grafik. Beberapa model multimedia interaktif diantaranya:

a. Model Drill: dalam CBI merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih konkrit melalui penciptaan tiruan bentuk pengalaman dalam bentuk yang berbeda. Jadi model ini dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi Macromedia flash yang menggunakan contoh-contoh soal dalam pengaplikasiannya.
b. Model tutorial: merupakan salah satu strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar dengan menggunakan perangkat lunak berupa program komputer yang berisi materi pembelajaran. Program ini juga menuntut siswa untuk mengaplikasikan ide dan pengetahuan yang dimilikinya secara langsung dalam kegiatan pembelajaran.
c.   Model Simulasi: merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui penciptaan tiruan/tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.
           
Pada umumnya tipe penyajian yang banyak digunakan adalah tutorial. Tutorial ini membimbing siswa secara tuntas menguasai materi dengan cepat dan menarik. Setiap siswa cenderung memiliki perbedaan penguasaan materi tergantung dari kemampuan yang dimilikinya.

Penggunaan tutorial melalui CD Interaktif lebih efektif untuk mengajarkan penguasaan software kepada siswa dibandingkan dengan mengajarkan hardware. Selain itu, materi-materi yang diajarkan dalam CD tersebut dapat berlangsung dipraktikan oleh siswa terhadap software tersebut.

3.   Video Pembelajaran

Selain CD interaktif, video termasuk media yang dapat digunakan untuk pembelajaran di SD. Video ini bersifat interaktif-tutorial membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Siswa juga dapat secara interaktif mengikuti kegiatan praktek sesuai yang diajarkan dalam video.

Penggunaan CD interaktif di SD cocok untuk mengajarkan suatu proses. Video bersifat interaktif tutorial membimbing peserta didik untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Misalnya cara penyerbukan pada tumbuhan, teknik okulasi, pembelahan sel, proses respirasi dan lain-lain.

Penggunaan video pembelajaran dalam pembelajaran:

a.   Merupakan hasil rekaman dari aktivitas pembelajaran
b.   Membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi
c.   rinsipnya hampir sama dengan menonton film, sehingga tidak membosankan bagi siswa
d.   Video dapat dibuat sendiri atau download dari berbagai situs share video
e.   Apabila memungkinkan dapat disesuaikan dengan materi melalui proses editing.

4.   Internet

Internet singkatan dari interconection and networking, adalah jaringan informasi global, yaitu “the largest globel network of computer, thar enable people throughout the world to connect witheach other”. Pertama diluncurkan oleh J.C.R Licklider dari MIT (Massachusetts Institute Technology) pada bulan Agustus 1962.

Pemanfaatan internet ini sebagai media pembelajaran siswa dapat menganalisis informasi yang relevan dengan pembelajaran dan melakukan pencarian yang sesuai dengan kehidupan nyatanya. Siswa dan guru tidak harus hadir di sekolah secara fisik karena siswa dapat mempelajari bahan ajar dan mengerjakan tugas-tugas pembelajaran serta ujian dengan cara mengakses jaringan komputer yang telah ditetapkan secara online.

Penggunaan internet dalam pembelajaran:

a.   Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan siswa untuk belajar mandiri
b. Siswa dapat mengakses secara online dari berbagai perpustakaan,museum, data base dan mendapatkan sumber primer tentang berbagai peristiwa sejarah, biografi, rekaman, laporan dan data statistic
c. Siswa dapat berperan sebagai seorang peneliti, menjadi seorang analisis, tidak hanya sebagai konsumen informasi saja
d.   Media berbasis internet memiliki bermacam/macam jenis, yaitu: email, chatting, video-teleconference, blog, e-learning, web dan lain-lain.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bentuk Penggunaan Media Pembelajaran PAI Berbasis Komputer dan Kelebihan Komputer dalam Pendidikan"

Post a Comment