Sifat Kejiwaan Manusia

Menurut John Amos Comenius, manusia mempunyai tiga komponen jiwa yang menggerakkan aktifitas jiwa-raga. Tiga komponen jiwa tersebut meliputi: syaraf pertumbuhan, perasaan dan intelektual. Manusia mempunyai 3 sifat dasar, yaitu:

1. Sifat biologis: manusia tumbuh secara alami dengan prinsip biologi dengan menggunakan lingkungannya.
2.   Sifat hewani: dengan adanya perasaan-perasaan hakiki, manusia mengalami desakan internal untuk mencari keseimbangan hidup, melalui peralatan indera manusia menjadi sadar dan menuruti keinginan-keinginannya.
3.  Sifat intelektual: manusia mampu menemukan benar atau salahnya sesuatu, baik atau buruknya sesuatu, serta dapat mengarahkan keinginan dan emosinya. Sifat intelektual inilah yang membedakan manusia dari makhluk yang lainnya. Dengan adanya sifat intelektual ini, manusia dilebihkan derajatnya dari makhluk-makhluk lain.

Disebut sifat hakikat kejiwaan manusia karena secara hakiki sifat tersebut hanya dimiliki oleh manusia dan tidak terdapat pada hewan. Karena manusia mempunyai hati yang halus dan dua pasukannya.

Pertama, pasukan yang tampak yang meliputi tangan, kaki, mata dan seluruh anggota tubuh, yang mengabdi dan tunduk kepada perintah hati. Inilah yang disebut pengetahuan.

Kedua, pasukan yang mempunyai dasar yang lebih halus seperti syaraf dan otak. Inilah yang disebut kemauan. Pengetahuan dan kemauan inilah yang membedakan antara manusia dengan binatang.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sifat Kejiwaan Manusia"

Post a Comment