Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak
Secara umum tujuan RPL tidak berbeda dengan bidang
rekayasa yang lain. Bidang rekayasa akan selalu berusaha menghasilkan output
yang kinerjanya tinggi, biaya rendah dan waktu penyelesaian yang tepat. Secara
lebih khusus kita dapat menyatakan tujuan RPL adalah:
a.
Memperoleh biaya produksi perangkat lunak
yang rendah.
b.
Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya
tinggi, andal dan tepat waktu.
c.
Menghasilkan perangkat lunak yang dapat
bekerja pada berbagai jenis platform.
d.
Menghasilkan perangkat lunak yang biaya
perawatannya rendah.
Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak
Sesuai definisi yang telah disampaikan sebelumnya, maka
ruang lingkup RPL dapat digambarkan sebagai berikut:
· Software requirements berhubungan
dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
· Software design mencakup proses
penentuan arsitektur, komponen, antarmuka, dan karakteristik lain dari
perangkat lunak.
· Software construction berhubungan
dengan detil pengembangan perangkat lunak, termasuk algoritma, pengkodean,
pengujian, dan pencarian kesalahan.
· Software testing meliputi pengujian
pada keseluruhan perilaku perangkat lunak.
· Software maintenance mencakup upaya-upaya
perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.
· Software configuration management berhubungan dengan usaha
perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
· Software engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL,
termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
· Software engineering tools and methods mencakup
kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.
· Software engineering process berhubungan
dengan definisi, implementasi, pengukuran, pengelolaan, perubahan dan perbaikan
proses RPL.
· Software quality menitikberatkan pada
kualitas dan daur hidup perangkat lunak.
Belum ada tanggapan untuk "Tujuan dan Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)"
Post a Comment