Tips / Cara Merubah Pola Makan Untuk Hidup Sehat

Banyak penyakit berat yang bersumber dari makanan atau pola makan yang salah. Seperti, hipertensi, asam urat, ginjal, kolesterol, bahkan kanker. Kesehatan memang erat kaitannya dengan kondisi makanan. Untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat sebenarnya mudah, yaitu dengan hidup teratur, cukup istirahat, rutin berolahraga, hindari stress, dan pola makan yang sehat.

Berikut merupakan upaya merubah pola makan untuk hidup sehat:

a.  Sebisa mungkin hindari makanan dengan kandungan lemak (minyak, mentega, margarin, dan santan) yang tinggi.

b. Hindari bahan makanan yang mengandung pengawet. Jika terpaksa membeli bahan pangan di dalam kemasan, pilihlah bahan makanan yang mencantumkan jelas “tanpa bahan pengawet”. Hal ini sangat penting, karena dalam jangka panjang bahan pengawet ini akan memicu terjadinya kanker.

c. Pilihlah makanan atau minuman yang berwarna putih alami. Banyak orang,terutama anak-anak, selalu membeli makanan yang berwarna karena menarik. Pilihlah bahan makanan dan minuman yang tanpa bahan pewarna, kecuali warna alami dari bahan makanan tersebut.

d. Jangan menambah saus, kecap, garam, dan bumbu-bumbu penyedap secara berlebihan. Jika memungkinkan hindari bahan-bahan tersebut, karena senyawa Monosodium glutamat yang terdapat di dalam bumbu penyedap hanya untuk memanjakan lidah Anda, tidak untuk kesehatan.

e. Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Vitamin, mineral, air, zat fitonutrien, antioksidan, dan serat yang terdapat dalam buah-buahan dan sayuran sangat berguna bagi kesehatan. Selain badan menjadi sehat dan bugar, Anda akan terbebas dari risiko beragam penyakit seperti kanker.

f.  Hindari mengonsumsi jeroan, otak, makanan berkuah santan kental, kulit ayam, dan kuning telur. Bahan pangan ini merupakan sumber lemak penyebab obesitas dan gangguan kardiovaskular. Oleh karena itu, pilihlah daging tanpa lemak, makanan berkuah bening, susu rendah lemak, susu kedelai, putih telur, dan ikan sebagai sumber protein yang baik.

g.  Pilihlah makanan dengan metode memasak dikukus, direbus, atau ditumis dengan sedikit minyak. Metode menggoreng, memanggang, dan dibakar, kurang disarankan, selain mengandung banyak lemak, metode memasak seperti ini akan merusak nilai gizi makanan karena panas tinggi.

h.  Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari, hindari minuman beralkohol, bersoda dan minuman dengan kandungan gula dan kafein tinggi. Jus sayuran dan buah sangat baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.

i.    Konsumsi makanan dengan gizi seimbang. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips / Cara Merubah Pola Makan Untuk Hidup Sehat"

Post a Comment