Pengertian dan Manfaat Istirahat yang Cukup untuk Kesehatan Tubuh

Istirahat merupakan cara memulihkan kondisi tubuh setelah melakukan aktivitas. Selain itu, istirahat juga dapat mengurangi ketegangan otot-otot dan meringankan ketegangan pikiran.

Setiap orang dapat melakukan istirahat menurut kebutuhannya masing-masing. Namun, istirahat yang paling baik dan sangat dianjurkan adalah tidur. Tidur merupakan cara terbaik melakukan istirahat. Tidur pada malam hari secukupnya minimal selama 6 jam. Tubuh yang mendapat istirahat yang baik akan mengembalikan kebugaran.

Sebaliknya, tubuh yang tidak mendapat istirahat yang cukup akan tampak tidak segar dan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, bagi siapapun yang ingin selalu sehat, rasanya penting untuk mengikuti beberapa saran dari Dirjen Pembinaan Kesehatan Masyarakat Departemen Kesehatan RI berikut ini, yang dimuat di majalah Tempo, mengenai bagaimana membangun keluarga Indonesia yang sehat:

a. Mengonsumsi menu makanan yang sehat dan seimbang. Makanan yang dikonsumsi sehari-hari harus memenuhi aspek empat sehat lima sempurna. Keseimbangan energi dicapai apabila energi yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan sama dengan energi yang di keluarkan. Apabila konsumsi energi yang masuk melalui makanan kurang dari energi yang dikeluarkan, keseimbangan energi dalam tubuh menjadi negatif. Akibatnya, berat badan kurang dari ideal.

b.  Melakukan aktivitas fisik bersama keluarga minimal 3 kali seminggu, selama 30 menit atau lebih. Misalnya dengan melakukan jogging. Olahraga ini memberi manfaat yang luar biasa bagi tubuh dan kesehatan. Di antaranya dapat menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol serta menormalkan berat badan.

c.   Menghindari rokok dan obat-obatan ilegal. Mungkin sudah sangat dipahami bahaya rokok dan obat terlarang bagi kesehatan. Akan tetapi, masih banyak pihak enggan untuk menjauhinya.

d. Menjaga kesehatan juga sangat penting bagi ibu-ibu yang sedang hamil dan menyusui. Mereka mengharapkan dapat memeriksakan kehamilan dan bayinya setiap bulan ke bidan atau dokter. Kemudian berikan ASI saja (ASI eksklusif) pada bayi sampai berumur 6 bulan.

e.  Hidup harus diatur sedemikian rupa agar terhindar dari stress merupakan awal dari rentannya tubuh terhadap berbagai penyakit. Hal ini bisa dilakukan dengan mengembangkan rasa humor yang ada pada diri masing-masing. Ingat, tertawa bisa membantu mengurangi rasa tegang dan membantu kita selalu berpikir positif.

f.  Atur prioritas dan buat segala sesuatu menjadi lebih sederhana. Aturlah bagaimana waktu dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Usahakan meluangkan waktu minimal satu hari dalam seminggu untuk rekreasi bersama keluarga dan membuang segala kegelisahan. Tak salah kiranya bila kita juga mempelajari berbagai teknik relaksasi.

g.   Membiasakan diri bersosialisasi dengan masyarakat di lingkungan sekitar. Luaskan pergaulan, bantu sesama, dan beribadahlah sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Keluarga yang kuat adalah yang tabah dan bisa menyesuaikan terhadap berbagai perubahan dalam hidup. 

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Pengertian dan Manfaat Istirahat yang Cukup untuk Kesehatan Tubuh"

  1. sangat bermanfaat kak.. oh ya kalau istirahatnya diganti siang bagaimana kak? maklum blogger pemula biasa begadang malam sampai subuh.. hehe jaringan lemot kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak terimakasih. Memang baiknya tidur itu di malam hari, tpi kalau alasannya begitu ya mau gmna lagi, yang penting cukup aja kak tidurnya biar tubuhnya bugar terus.

      Delete
  2. istirahat sempurna

    ReplyDelete
  3. Informasi yang dibagikan cukup bagus, ada beberapa informasi lainnya membahas hal serupa http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/1047-pentingnya-istirahat-yang-cukup

    ReplyDelete