2 Macam Naskah Media Film Bingkai, Petunjuk / Cara Penulisan Naskah Media Film Bingkai, dan Contoh Format Naskah Media Film Bingkai

Salam cerdas…..

Dalam hal ini tidak diperlukan lagi narasi atau percakapan yang panjang karena sudah dapat diberikan oleh visual (gambar). Ada dua macam naskah dalam media film bingkai yaitu Storyboard script dan shooting script. Letak perbedaanya adalah pada storyboard script, kolom visual diisi gambar, sedangkan pada shooting script, kolom visual tadi diisi dengan deskripsi atau keterangan tentang visual yang harus diambil dengan kamera. Pada naskah storyboard tidak berupa lembar kertas yang dibagi menjadi 2 kolom melainkan dapat berupa kartu berukuran kartu pos yang diatur secara sistematis sehingga mempermudah pemahaman bagi peserta didik.

Berikut ini beberapa petunjuk tambahan dalam penulisan naskah film bingkai :

1)   Hal yang ingin disampaikan disajikan dalam bentuk visual terlebih hal yang yang sulit diungkapkan.
2)   Bahasa yang digunakan dalam narasi adalah bahasa lisan.
3) Musik yang digunakan hanya pada awal dan akhir program/ digunakan sebagai selingan atau mengiringi gambar tanpa narasi.
4)   FX yang digunakan diantaranya :

Visual
1)   Istilah-istilah audio dipakai pada naskah film bingkai
2) Istilah-istilah lain seperti caption (tulisan grafis yang diberi penjelasan) dan credit title (sederetan caption yang menyatakan judul program, penulis naskah, sutradara, pengambil gambar dll).

Contoh Format Naskah Film Bingkai :

Topik                :  Media Pembelajaran
Subtopik           :  Penulisan Naskah Media
Judul Program  :  Pengertian Naskah Media
Sasaran           :  Para Mahasiswa Kelas B Jurusan Teknologi Pendidikan.
TIU                 :  Para Mahasiswa dapat memahami pengertian naskah media.
TIK               :  Setelah menyaksikan program film bingkai ini peserta ini diharapkan dapat memahami pentingnya peranan naskah media dalam memproduksi suatu media audio, visual dan audio visual.

Demikian artikel tentang 2 Macam Naskah Media Film Bingkai, Petunjuk / Cara Penulisan Naskah Media Film Bingkai, dan Contoh Format Naskah Media Film Bingkaisemoga berkah dan bermanfaat. Salam cerdas…..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "2 Macam Naskah Media Film Bingkai, Petunjuk / Cara Penulisan Naskah Media Film Bingkai, dan Contoh Format Naskah Media Film Bingkai"

Post a Comment