Salam cerdas…..
Pendidikan merupakan suatu proses pendewasaan peserta didik dalam ruang lingkup pendidikan formal dan pendidikan non formal. Proses pendidikan memerlukan pola pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan yang akan datang, disamping pemetaan kurikulum yang mencerminkan tujuan pendidikan secara umum dan tujuan pendidikan secara khusus. Dalam proses melaksanakan pendidikan diperlukan berbagai hal untuk menjamin kelancaran proses pendidikan yang akan dilangsungkan, baik itu dari segi pembelajaran, kurikulum yang akan digunakan, media yang menjadi sarana pendukung proses pembelajaran, dan administrasi pendidikan yang memadai serta sesuai dengan standar yang diinginkan, sehingga dalam melaksanakan proses pembelajaran akan mencerminkan tujuan pendidikan yang akan dicapai secara umum sesuai dengan amanah Undang-undang Pendidikan Nasional.
Masalah pembelajaran merupakan masalah yang cukup kompleks dan banyak faktor yang mempengaruhinya. Ada tiga prinsip yang layak diperhatikan dalam permasalahan ini, seperti yang di ungkapkan oleh Yudhi Munadi,yaitu:
1. Proses pembelajaran menghasilkan perubahan perilaku anak didik yang relative permanen.
2. Anak didik memiliki potensi, gandrung dan kemampuan yang merupakan benih kodrati untuk ditumbuh kembangkan tanpa henti.
3. Perubahan atau pencapaian kualitas ideal itu tidak tumbuh linier sejalan proses kehidupan.
4. Proses pembelajaran yang ideal harus memperhatikan hal-hal yang dapat dijadikan pendukung dalam proses tersebut. Penggunaan media pendidikan dalam proses pembelajaran oleh banyak pihak dapat meningkatkan kualitas pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan oleh pendidik. Penggunaan media, juga harus sesuai dengan struktur kurikulum dalam lembaga pendidikan. Kesesuaian ini, disamping tidak bertentangan dengan apa yang akan diajarkan juga keterkaitan antara media dan kurikulum saling berkesinambungan. Hal ini perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran, sehingga tidak mengorbankan hal-hal lain yang lebih penting dalam pembelajaran. Salah satu kesesuaian materi (kurikulum) dengan penggunaan media pembelajaran yaitu keefektifan penggunaan waktu pembelajaran yang telah ditentukan.
5. Penggunaan media pembelajaran dalam proses pendidikan, dinilai oleh banyak pihak mampu meningkatkan kualitas pembelajaran, peningkatan pemahaman siswa terhadap materi ajar yang disampaikan oleh pendidik. Dalam proses penggunaannya, para pendidik harus mampu menyelaraskan antara media dengan kurikulum, dan yang tidak kalah pentingnya adalah keefektifan penggunaan waktu dalam penggunaan media dimaksud serta sesuai dengan materi ajar.
Sebelum menggunakan media, para pendidik terlebih dahulu menyediakan naskah media pembelajaran yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran. Naskah media ini akan menuntun para pendidik dalam menggunakan media pembelajaran. Penulisan naskah media, dalam hal ini harus memperhatikan arah dan tujuan penggunaan media dalam pembelajaran serta kesesuaian media dengan materi ajar dan keefektifan penggunaan waktu.
Demikian artikel tentang Faktor yang
Mempengaruhi Proses Pembelajaran dan Prinsip-Prinsip Proses Pembelajaran, semoga berkah dan bermanfaat. Salam cerdas…..
Belum ada tanggapan untuk "Faktor yang Mempengaruhi Proses Pembelajaran dan Prinsip-Prinsip Proses Pembelajaran"
Post a Comment