Fungsi Cat Bulu Mata / Maskara, Jenis-Jenis Cat Bulu Mata / Maskara, dan Cara Pemakaian atau Penggunaan Cat Bulu Mata / Maskara

Salam cerdas…..

Maskara berfungsi untuk menebalkan, melentikkan dan membuat bulu mata kelihatan lebih panjang. Jenis mascara terdiri atas :

1)   Maskara cair
Maskara cair merupakan bentuk mascara yang banyak dipakai karena mudah disapukan dan mudah dihapus, tetapi kelemahannya mudah luntur. Pemakai lensa kontak sebaiknya menghindari maskara jenis ini karena maskara dapat mengotori lensa kontak. Maskara cair dikemas dalam kemasan botol kecil dengan penutup yang dilengkapi sikat untuk menyapukan maskara pada bulu mata.

2)   Maskara water proof
Bentuk maskara water proof menyerupai maskara cair, tetapi terbuat dari bahan anti luntur, sehingga aman digunakan bagi mereka pemakai lensa kontak atau mereka yang senang melakukan aktivitas yang menguras keringat. Kelemahannya yaitu karena maskara ini tidak mudah luntur maka maskara ini sulit untuk dihapus dan dibersihkan. Untuk mengangkatnya diperlukan pembersih khusus mata yang mengandung minyak seperti minyak bulus atau minyak zaitun. Kemasan maskara water prof sama seperti kemasan maskara cair biasa.

3)   Maskara dengan conditioner
Maskara yang mengandung conditioner sangat baik digunakan pada bulu mata yang mudah rontok dan terputus. Kandungan conditioner-nya dapat memberi nutrisi yang menguatkan bulu mata. Biasanya maskara jenis ini tidak berwarna (bening), karena hanya berisi bahan perawatan dan bukan untuk riasan dekoratif.

4)   Maskara bulu
Jenis maskara ini cukup unik, karena berupa maskara cair yang berisi bulu. Jika disapukan pada bulu mata, maskara ini dapat memberi kesan bulu mata tampak tebal dan panjang. Maskara ini cocok bagi mereka yang memiliki bulu mata tipis dan jarang.

5)   Maskara padat atau cake
Maskara jenis ini berbentuk cake hingga sepintas menyerupai perona mata. Maskara ini jika akan digunakan harus dicampur dengan air dan dibubuhkan dengan kuas khusus.Maskara ini dapat memberikan kesan bulu mata tampak alamiah.

Cara pemakaian atau penggunaan maskara : buka mata, mulai dari kelopak mata bagian atas, sikatlah ujung bulu mata bagian atas kemudian pangkalnya, diteruskan ujung bulu mata bagian bawahnya serta pangkalnya. Selanjutnya lakukan untuk bulu mata kelopak mata bagian bawah dengan cara yang sama. Dalam pemakaian maskara, perhatikan jangan sampai maskara mengenai kelopak mata, dan mata tidak perlu benar-benar dipejamkan. Posisi terbaik kelopak mata saat diberi maskara adalah seperti melihat obyek yang berada di bagian bawah, tanpa menundukkan kepala. Tunggu sampai maskara benar-benar kering + 30 detik barulah mata dapat dibuka atau dikedipkan.
Demikian artikel tentang Fungsi Cat Bulu Mata / Maskara, Jenis-Jenis Cat Bulu Mata / Maskara, dan Cara Pemakaian atau Penggunaan Cat Bulu Mata / Maskara, semoga berkah dan selalu bermanfaat. Salam cerdas…..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fungsi Cat Bulu Mata / Maskara, Jenis-Jenis Cat Bulu Mata / Maskara, dan Cara Pemakaian atau Penggunaan Cat Bulu Mata / Maskara"

Post a Comment