Kewajiban Menjaga dan Mengembangkan Seni Budaya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Seni budaya adalah harta yang tak ternilai harganya dan merupakan aset bangsa, kita dapat menikmati, melestarikan mempromosikan ke semua pihak sehingga  dapat  memperoleh kesejahteraan bersama. Kita mesti malu jika menganggap seni budaya kita kuno, sementara bangsa lain mau belajar angklung, gamelan, batik, makanan tradisional Indonesia. Untuk itu, kita wajib menjaga  dan mengembangkannya. 

Praktik bernyanyi satu suara dikenal dengan sebutan unisono. Agar mutu suara baik dapat kita nikmati, sebaiknya  kita perlu  memelihara organ  suara kita dan menerapkan teknik bernyanyi yang baik.

Menyanyi merupakan aktivitas yang sering dilakukan dan didengar dalam kehidupan sehari-hari. Pada hakikatnya, semua orang dapat bernyanyi karena suara atau vokal merupakan unsur utama dalam bernyanyi. Tuhan menganugerahkan suara kepada  kita sehingga dapat berbicara dan bersuara. Kita yang dianugerahi bisa bersuara wajib bersyukur karena Tuhan juga menganugerahkan pada sebagian orang tidak dapat bersuara (tuna rungu). Rasa syukur kita dapat diwujudkan dengan melakukan perkataan yang baik kepada sesama. Berbicara atau bersuara juga bernyanyi memerlukan pernapasan yang baik. Untuk itu, kita memiliki tanggung jawab, motivasi  pribadi serta  menjaga  anugerah Tuhan  dalam  bentuk  alat-alat  pernapasan.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kewajiban Menjaga dan Mengembangkan Seni Budaya dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Post a Comment