Pembelajaran yang kita lakukan haruslah diukur apakah tujuan sudah tercapai atau tidak? Untuk mengukur hal tersebut, maka diperlukan alat pengukur hasil belajar yang berupa tes, penguasaan atau daftar cek perilaku. Alat pengukur keberhasilan belajar ini perlu dikembangkan dengan berpijak pada tujuan yang telah dirumuskan dan harus sesuai dengan materi yang sudah disiapkan.
Yang perlu diukur adalah tiga kemampuan utama yaitu: pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang telah dirumuskan secara rinci dalam tujuan. Dengan demikian terdapat hubungan yang erat antara tujuan, materi dan tes pengukur keberhasilan.
Penyusunan materi didasarkan atas rumusan tujuan, setelah materi selesai dirumuskan selanjutnya membuat item tes berdasarkan tujuan dan materi tersebut, untuk lebih jelasnya, lihatlah contoh penulisan tujuan, materi, dan tes sesuai contoh diatas.
Mata Pelajaran : IPS
Media : Peta dan Global
Sasaran : Siswa Kelas IV
TUJUAN
|
POKOK MATERI
|
TES
|
Siswa dapat menyebutkan minimal 5 pulau yang ada di indonesia dengan benar.
|
Nama pulau-pulau besar yang ada di indonesia.
|
Sebutkan minimal 5 nama pulau besar yang ada di indonesia
|
Siswa dapat mengurutkan pulau-pulau yang ada berdasarkan ukuran luas, jumlah penduduk, dan kekayaan alam.
|
Pulau-pulau yang ada berdasarkan ukuran luas, jumlah penduduk, dan kekayaan alam.
|
Tunjukkan pulau yang ada di indonesia yang menghasilakan minyak bumi
|
Siswa dapat mengumpulkan bunyi musik khas yang da di setiap pulau yang ada di indonesia
|
Jenis bunyi dan musik khas yang ada disetiap pulau yang ada di indonesia
|
Sebutkan jenis bunyi dan musik khas yang ada disetiap pulau yang ada di indonesia
|
Belum ada tanggapan untuk "Tips / Cara Merumuskan Alat Pengukur Keberhasilan Belajar "
Post a Comment