Pengertian Internet dan Penggunaan Internet dalam Pembelajaran

Internet singkatan dari interconection and networking, adalah jaringan informasi global, yaitu “the largest globel network of computer, thar enable people throughout the world to connect witheach other”. Pertama diluncurkan oleh J.C.R Licklider dari MIT (Massachusetts Institute Technology) pada bulan Agustus 1962.

Pemanfaatan internet ini sebagai media pembelajaran siswa dapat menganalisis informasi yang relevan dengan pembelajaran dan melakukan pencarian yang sesuai dengan kehidupan nyatanya. Siswa dan guru tidak harus hadir di sekolah secara fisik karena siswa dapat mempelajari bahan ajar dan mengerjakan tugas-tugas pembelajaran serta ujian dengan cara mengakses jaringan komputer yang telah ditetapkan secara online.

Penggunaan internet dalam pembelajaran:

a.   Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran mengkondisikan siswa untuk belajar mandiri
b. Siswa dapat mengakses secara online dari berbagai perpustakaan,museum, data base dan mendapatkan sumber primer tentang berbagai peristiwa sejarah, biografi, rekaman, laporan dan data statistic
c. Siswa dapat berperan sebagai seorang peneliti, menjadi seorang analisis, tidak hanya sebagai konsumen informasi saja
d.   Media berbasis internet memiliki bermacam/macam jenis, yaitu: email, chatting, video-teleconference, blog, e-learning, web dan lain-lain.



Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Pengertian Internet dan Penggunaan Internet dalam Pembelajaran"