Penerapan Komunikasi Elektronika Pada Telepon Bergerak

Piranti telepon bergerak adalah suatu jenis alat komunikasi yang kecil dan mudah digunakan. Sekalipun demikian teknologi yang dipakai sudah menunjukkan teknologi yang maju. Telepon bergerak Telepon bergerak menggunakan frekuensi radio untuk memindahkan informasi dari telepon itu menuju ke base station. Ini menunjukkan bahwa komunikasi antara base station dengan telepon bergerak diorganisakan begitu juga mengkode sinyal menjadi data pada gelombang.

Rangkaian dalam telepon bergerak radio. Setiap sistem telepon bergerak yang dipakai oleh negara-negara yang berbeda mempunyai sistem yang berbeda. Kebanyakan sistem yang dipakai di banyak negara adalah Global System for Mobile communication (GSM).


Banyak pengguna memanfaatkan telepon bergerak sebagai alat komunikasi. Sekalipun demikian, tidak akan pernah terjadi benturan frekuensi ketika telepon itu digunakan secara bersamaan. Pertanyaannya mengapa sinyal radio dari telepon-telepon itu tidak saling interferesi atau mengganggu satu sama lain?

Salah satu aspek kunci dalam telepon bergerak adalah penggunaan frekuensi yang berulang (frequency reuse). Setiap daerah dibagi-bagi dalam luasan berbentuk heksagonal dan jarak antar daerah ini dapat beberapa kilo-meter. Pada titik tengah heksagonal itu ditempatkan base station. Setiap base station dialokasikan suatu rentang frekuensi radio yang dapat digunakan.

Antar base station yang berdekatan, tidak mungkin saling terganggu (interferensi) karena digunakan rentang frekuensi yang berbeda. Pada jarak tertentu dalam be-berapa kilometer sinyal yang dipancarkan sudah barang tentu dayanya akan menjadi lemah dan akhirnya hilang. Oleh karena itu perlu ada base stasion lagi. Untuk itu dapat digunakan frekuensi yang sama milik base station yang pernah digunakan. Dalam gambar ditandai dengan warna-warna yang sama.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penerapan Komunikasi Elektronika Pada Telepon Bergerak"

Post a Comment