Cara Memberikan Pengukuran Motivasi Belajar Peserta Didik

Meskipun motivasi itu merupakan suatu kekuatan, namun tidaklah merupakan suatu substansi yang dapat kita amati. Yang dapat kita lakukan ialah mengidentifikasi indikator tersebut adalah :

1) Durasi kegiatan (berapa lama waktu yang digunakan untuk berkegiatan)
2)  Frekuensi kegiatan (berapa sering kegiatan itu dilakukan dalam periode tertentu)
3)   Ketetapan pada tujuan kegiatan tertentu
4) Ketabahan, keuletan, dan kemampuan dalam menghadapi rintangan untuk mencapai tujuan
5)   Pengabdian dan pengorbanan untuk mencapai tujuan
6)   Maksud yang ingin dicapai dengan kegiatan yang dilakukan
7)  Berapa banyak, memadai atau tidak, memuaskan atau tidak yang dicapai dari kegiatannya
8)   Arah sikap terhadap sasaran kegiatan

Pengukuran dapat dipergunakan, antara lain:

1)   Tes tindakan untuk memperoleh informasi serta kemampuan menghadapi masalah.
2)   Kuesioner untuk mengetahui informasi tentang pengabdian dan pengorbanannya.
3)   Mengarang bebas untuk mengetahui cita-cita.
4)   Tes prestasi dan skala sikap untuk mengetahui kualifikasi dan arah sikap.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Memberikan Pengukuran Motivasi Belajar Peserta Didik"

Post a Comment