Strategi dan Cara-cara Ajarkan Rasa Hormat pada Anak

Sahabatku, senang ya jika melihat anak kecil bersikap sangat sopan dengan orang di sekitarnya ataupun dengan orang lain. Sudah kah anak anda melakukannya ?.

Saling menghormati merupakan salah satu kunci hidup harmonis antar sesama. Mengajarkan hal ini pada anak bukan lah hal mudah. Jangan sampai anak memaknai kata hormat sebagai sesuatu yang menakutkan atau hanya berlaku jika berhadapan dengan orang yang lebih tua.

Berikut beberapa strategi untuk membantu anak anak anda mengembangkan rasa hormat yang lebih besar terhadap orang lain:

·       Jadilah contoh
Anak anak merupakan peniru ulung. Mereka bisa dengan cepat meniru sikap dan perilaku anda. Jika anda ingin memberikan contoh bagaimana menghormati sesama, hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan selalu bersikap dan berbicara kepada anak dan orang lain dengan hormat.  

·       Amati perilaku anak
Mengamati perilaku anak sangat penting. Apakah anak anda sudah melakukanhal yang benar sesuai dengan yang anda ajarkan. Jangan sampai ia berfikir bahwa hal ini hanya bersifat sementara. Katakan dengan tegas kalau itu berlaku selamanya dan berlaku kepada siapa pun, bukan hanya kepada orang tua sendiri.

·       Buat aturan
Ada 3 kata kunci yang harus di ucapkan anak dalam pelajaran menghormati orang lain ini. Yaitu meminta maaf segera setelah melakukan kesalahan, mengucapkan ‘’terima kasih’’ meski untuk sebuah pertolongan kecil dan ‘’tolong’’ ketika meminta bantuan kepada orang lain.

Aturan lainnya seperti tidak berkata kasar, mendengarkan dengan seksama lawan bicara (tidak sambil main games, membaca buku, atau menonton) tidak menyela saat orang lain sedang mengucapkan salam saat berpisah atau bertemu.

Demikian referensi dari saya, semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Strategi dan Cara-cara Ajarkan Rasa Hormat pada Anak"

Post a Comment