Tips / Cara Memotivasi Diri Sendiri

Sahabat PBC yang berbahagia……

Seringkali kita di hadapkan pada posisi tidak percaya diri yang membuat kita merasa ciut dan membuat potensi diri kita sendiri hilang.

Inilah akibat buruk yang sering kita alami. Untuk itu ternyata ada solusi sederhana untuk menghadapi situasi seperti ini.

Berikut tips / cara memotivasi diri sendiri:

1.   Tetap fokus
Kita harus tetap fokus pada apa yang kita inginkan. Jangan tergoda dengan hal yang baru, yang belum jelas bagaimanapun menariknya. Cara agar kita tetap fokus adalah dengan selalu memelihara kualitas dan mengevaluasi fokus kita.

2.   Bacalah buku-buku motivasi
Kisah-kisah yang di muat dalam buku motivasi bisa memberikan dorongan besar kepada kita untuk melangkah maju. Kisah-kisah sukses bisa menjadi daya inspirasi yang kuat.

3.   Cari dukungan dari orang terdekat
Jika kita mempunyai mentor atau orang orang dekat yang bisa di ajak diskusi, jangan lewatkan sharing dengan mereka. Ceritakan keinginan kita dan jangan lupa minta masukan dari mereka.

4.   Catat perkembangannya
Mencatat perkembangan dari apa yang kita kerjakan bukan lah hal yang sepele. Catatan perkembangan ini bisa menjadi tolak ukur sejauh mana kita sudah melangkah. Jangan lupa juga untuk  menentukan target-target sementara dari satu rencana besar yang akan kita tuju.

5.   Rayakan pencapaiannya
Meskipuan pencapaian sementara, pencapaian target dalam setiap tahapan perlu juga di apresiasi. Bentuk apresiasi tidak perlu mahal, yang penting ada kesan rasa syukur terhadap hasil yang kita dapat.

6.   Belajar dari kegagalan
Di masa lalu kita mungkian mendapat kegagalan yang terus menghantui kita, jangan biarkan diri kita terfokus pada kegagalan itu. Jadikan hal itu sebagai pelajaran, evaluasi kenapa kita bisa gagal. Atur dan perbaiki cara kita menempuh itu agar tidak gagal lagi.

7.   Nikmati perjalanannya
Mungkin kita tidak mendapatkan apa yang kita rancang walaupun kita sudah melakukannya dengan baik. Tidak perlu putus asa, selama kita melakukannya dengan baik. Nikmati perjalanannya karna ini proses. Jika kita menikmati perjalanannya kita akan senang melakukannya. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips / Cara Memotivasi Diri Sendiri"

Post a Comment