Tips / Cara Menjadi Guru Favorit

Hallo sahabat seperjuangan, semoga selalu berbahagia.....

Apabila seorang guru melakukan atau mengamalakn kabajikan, kebijaksanaan, dan kearifan, maka ia senantiasa akan disenangi murid-muridnya. Apabila seoarang guru mengerti kondisi kejiwaan murid-muridnya, maka tanpa diminta dan diperintah, para murid akan segan dan menaruh hormat kepadanya. 

Begitu pun jika seorang guru memiliki sikap laksana cahaya, yang selalu memberikan cahayanya kepada semua orang, maka semua guru, orang tua murid, dan masyarakat akan memberikan simpati kepadanya. Ia pun menjadi favorit semua orang.

Meski demikian, masih ada juga guru yang merasa minder dengan profesi sebagai seorang guru. Nah, hal ini harus segera diubah. Seorang guru merupakan pribadi yang mulia, pribadi yang menentukan masa depan sebuah bangsa, sebuah peradaban, bahkan semesta dunia ini.

Berikut 10 tips menjadi guru favorit:

1.   Sabar
2.   Bisa menjadi sahabat
3.   Konsisten dan komitmen dalam bersikap
4.   Bisa menjadi pendengar dan penengah
5.   Visioner dan misioner
6.   Rendah hati
7.   Menyenangi kegiatan mengajar
8.   Memaknai mengajar sebagai pelayanan
9.   Bahasa cinta dan kasih sayang
10. Menghargai proses

Jika seorang guru bisa mempraktikkan sikap sabar, tenang, jujur, berkomitmen, memiliki visi dan misi, bisa menjadi sahabat, penengah, pendengar, serta senantiasa menjadikan cinta dan kasih sayang sebagai baju dan jiwanya, maka proses pembelajaran akan berjalan begitu nikmat, menyengkan menggembirakan dan luar biasa.

Guru semacam ini pasti akan menjadi favorit para siswanaya. Kedatangannya senantiasa ditunggu, ujaran-ujarannya senantiasa didengarkan, sikapnya senantiasa diperhatikan kemudian diteladani. Apabila dia tidak hadir ke sekolah, maka semua murid akan bersedih dan kesepian. Semoga semua guru bisa menjadi guru favorit bagi anak-anak didiknya, demikian semoga bermanfaat. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips / Cara Menjadi Guru Favorit"

Post a Comment