Dasa Darma Pramuka

Salam Pramuka....

Sedikit berbagi pengetahuan tentang Pramuka, dengan harapan bisa menggugah hati para tunas muda Indonesia sebagai penerus bangsa. Pramuka merupakan kepanjangan dari “Praja Muda Karana” yang memiliki arti “Pemuda Yang Suka Berkarya”. 

Dalam metode kepramukaan terdapat suatu proses pendidikan di luar sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan-kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur dan sedikit menantang yang di lakukan di alam terbuka.

Dengan prinsip dasar kepramukaan dan metodenya yang bertujuan membentuk karakter, ahklak dan pola fikir generasi bangsa kearah yang lebih baik. 

Pramuka memiliki 10 dasar pokok yaitu Dasa Darma yang memiliki nilai dalam diri manusia seutuhnya. Untuk itu setiap anggota Pramuka wajib memahami dan mengamalkan Dasa Darma dalam kehidupan sehari-hari. Berikut Dasa Darma Pramuka.

Dasa Darma Pramuka itu:
1.   Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.   Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
3.   Patriot yang sopan dan kesatria
4.   Patuh dan suka bermusyawarah
5.   Rela menolong dan tabah
6.   Rajin, terampil dan gembira
7.   Hemat cermat dan bersahaja
8.   Disiplin berani dan setia
9.   Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
10. Suci dalam fikiran, perkataan dan perbuatan

Jika semua generasi bangsa khususnya anggota Pramuka memahami dan mengamalkan Dasa Darma insya Allah Ia akan menjadi pribadi yang tangguh, bermanfaat bagi nusa, bangsa dan agama, terlebih diri sendiri. Sekian sedikit pengetahuan yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Dasa Darma Pramuka"

Post a Comment