Pengertian Alergi (Hipersensitivitas), Zat-Zat yang Dapat Menyebabkan Alergi, dan Gejala Reaksi Alergi pada Kulit

Salam cerdas…..       

Alergi atau hipersensitivitas adalah perubahan kemampuan tubuh yang didapat dan khas untuk bereaksi terhadap zat (alergen, antigen) yang menempel atau masuk ke dalam tubuh. Pada hakekatnya, alergi termasuk kompleks kekebalan (imunitas) dan bersifat reaksi kekebalan (imunologik) khas antara alergen dengan zat lain (antibodi) yang dibentuk oleh tubuh. Daya reaksi imunologik tubuh, khususnya kulit terhadap zat-zat asing yang berkhasiat sebagai antigen bersifat amat khas dan berlangsung amat lama. 

Zat-zat yang dapat menyebabkan alergi antara lain berupa :  

a.   Makanan, minuman dan obat-obatan.
b.  Bahan-bahan yang ditempelkan ke kulit seperti kosmetika (alas bedak, bedak, lipstik, parfum, hair spray, cat rambut) dan obat-obatan (salep, balsam atau krim). 
c.   Bahan yang dihirup seperti udara, debu. 

Pada umumnya reaksi alergi pada kulit menunjukkan gejala : kulit terlihat merah, gatal, bengkak, sesak napas dan pingsan. Reaksi alergi dapat terjadi segera setelah kontak dengan zat tersebut atau beberapa saat setelah kontak dengan zat-zat tersebut. Sebagai langkah pencegahan, hindari penggunaan zat atau bahan yang dapat menimbulkan alergi.


Demikian artikel tentang Pengertian Alergi (Hipersensitivitas), Zat-Zat yang Dapat Menyebabkan Alergi, dan Gejala Reaksi Alergi pada Kulit, semoga berkah dan selalu bermanfaat. Salam cerdas…..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Alergi (Hipersensitivitas), Zat-Zat yang Dapat Menyebabkan Alergi, dan Gejala Reaksi Alergi pada Kulit"

Post a Comment