Teknik Pembuatan Media Pembelajaran dengan Penggunaan Media Presentasi

Media presentasi yang sampai saat ini masih popular dalam pembelajaran di sekolah-sekolah yaitu dengan menggunakan aplikasi Microsoft ofice power point. Biasanya penggunaan media ini telah digunakan hampir semua mata pelajaran di sekolah.

Pembuatan media ini diperlukan software atau aplikasi perancang presentasi seperti Microsoft Power Point  yang dikembangkan oleh Microsoft inc” Corel Presentation yang dikembangkan oleh Coral inc”  hingga perkembangan terbaru software yang dikembangkan macromedia inc, yang mengembangkan banyak sekali jenis software untuk mendukung kepentingan tersebut.

Dalam pembuatan Power point sebagai bahan presentasi dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dapat dilakukan dengan membuka aplikasi Power point, kemudian menulis teks presentasi yang dikehendaki lalu mewarnai teks sesuai dengan back ground yang digunakan, memberi background pada tampilan slide, memasukkan gambar dan video dengan teknik insert, membuat hyperlink pada media presentasi serta mengevaluasi program media presentasi.

Adapun untuk estetikanya setiap slide harus memperhatikan kesesuaian materi dengan gambar, audio serta video. Warna teks dengan background juga harus memberikan kenyamanan bagi mata, jangan sampai teks tidak terlihat karena back groundnya.

Teks dalam tiap-tiap slide juga harus dirancang agar tidak terlalu banyak dan memenuhi lembar slide, inti teks yang dipersingkat lebih mudah diterima dan diingat. Oleh sebab itu pembuatan materi pembelajaran dengan media Power point harus memperhatikan segi kemanfaatan serta keefesienannya, agar media ini menjadi menarik dan tidak membosankan.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Teknik Pembuatan Media Pembelajaran dengan Penggunaan Media Presentasi"

Post a Comment