Tahap-Tahap Metode Eksperimen dan Saran-Saran Pelaksanaan Metode Eksperimen

TAHAP-TAHAP METODE EKSPERIMEN

Pembelajaran dengan metode eksperimen meliputi tahap-tahap sebagai berikut:

a.   Percobaan awal, Pembelajaran diawali dengan melakukan percobaan yang didemonstrasikan guru atau dengan mengamati fenomena alam. Demonstrasi ini menampilkan masalah-masalah yang berkaitan dengan materi fisika yang akan dipelajari.
b.   Pengamatan, merupakan kegiatan siswa saat guru melakukan percobaan. Siswa diharapkan untuk mengamati dan mencatat peristiwa tersebut.
c.   Hipoteis awal, siswa dapat merumuskan hipotesis sementara berdasarkan hasil pengamatannya.
d.  Verifikasi, kegiatan untuk membuktikan kebenaran dari dugaan awal yang telah dirumuskan dan dilakukan melalui kerja kelompok. Siswa diharapkan merumuskan hasil percobaan dan membuat kesimpulan, selanjutnya dapat dilaporkan hasilnya. Aplikasi konsep, setelah siswa merumuskan dan menemukan konsep, hasilnya diaplikasikan dalam kehidupannya. Kegiatan ini merupakan pemantapan konsep yang telah dipelajari.
e.   Evaluasi, merupakan kegiatan akhir setelah selesai satu konsep.Penerapan pembelajaran dengan metode eksperimen akan membantu siswa untuk memahami konsep. Pemahaman konsep dapat diketahui apabila siswa mampu mengutarakan secara lisan, tulisan, maupun aplikasi dalam kehidupannya. Dengan kata lain, siswa memiliki kemampuan untuk menjelaskan, menyebutkan, memberikan contoh, dan menerapkan konsep terkait dengan pokok bahasan.

SARAN-SARAN PELAKSANAAN METODE EKSPERIMEN

Saran-saran pelaksanaannya Metode Eksperimen:

a.  Metode eksperimen hendaknya dilakukan dalam hal-hal yang bersifat praktis dan urgen dalam masyarakat.
b.  Hendaknya metode eksperimen diarahkan agar murid-murid dapat memperoleh pengertian yang lebih jelas, pembentukan sikap serta kecakapan praktis.
c.   Hendaknya diusahakan agar semua anak dapat mengikuti eksperimen dengan jelas (pengaturan ruang dan tempat duduk).
d. Sebagai pendahuluan, berilah pengertian sejelas-jelasnya landasan teori dari apa yang akan dieksperimenkan. Perlu menjelaskan tujuan yang akan dicapai melalui eksperimen kepada siswa.
e.  Menjelaskan prosedur/langkah-langkah yang akan ditempuh dalam eksperimen serta persiapan alat-alat eksperimen.
f.   Membantu siswa untuk mendapatkan bahan-bahan bacaan serta alat-alat yang akan diperlukan dalam eksperimen. Setelah eksperimen dilakukan berilah kesempatan kepada siswa untuk saling tukar pendapat dan saling lengkapi-melengkapi kekurangan yang dimilikinya.
g.   Memberikan kesimpulan dan catatan seperlunya terhadap eksperimen yang baru saja dilakukan.
h.   Diharapkan siswa dapat memberikan ikhtisar berupa laporan mengenai hasil eksperimen mereka.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tahap-Tahap Metode Eksperimen dan Saran-Saran Pelaksanaan Metode Eksperimen"

Post a Comment