Perangkat Uji Lainnya Pada Sistem Telekomunikasi, Pengertian, Fungsi, dan Spesifikasinya.

1. Logic Analyser

Logic Analyser digunakan untuk memonitor maupun untuk mendiagnose sinyal digital lebih dari satu titik dan terus-menerus. Piranti ukur ini biasanya digunakan untuk pengembangan rangkaian elektronika yang komplek dan membutuhkan ketelitian tinggi, khususnya data bus data pada komputer.

Sebagaimana namanya, logic analyzer diapakai untuk menganalisis rangkaian digital. Fungsi yang dapat dilakukan adalah seperti oscilograf yang real-time (waktu yang sama) dengan kemampuan frekuensi 100 MHz. Piranti semacam logic analyzer dapat bekerja tidak hanya dalam penyimpanan standar, tetapi juga pada kondisi real-time.
Piranti logic analyzer ini • Size: 99mm × 89mm × 14mm cocok untuk mengamati sinyal periodik seperti pada osciloscope dan plug and play. Biasanya dilengkapi pula dengan perangkat lunak yang dapat tersambung dengan windows, serta USB 2,0 agar dapat berkomunikasi dengan komputer.

Spesifikasi yang ditawarkan oleh L-100-T Logic Analyzer (www.gaotek.com/.../news/CATV-Instrument-DS1191/) adalah: (L×W×H)

·       Weight: 300g
·       Signal Port Pin: 2.54mm high-quality connector
·       Protection: All pins can stand electrostatic surge up to 8KV and voltage power surge up to ±30V
·       Signal Input: 2 banks, individual and adjustable 1.2V-5.0V level each
·       Sampling Frequency: 1Hz-800MHz internal clock/synchronic sampling/condition sampling
·       Signal Channels: 24
·       Sampling Depth: 32K
·       Delay Function: 0-32K sampling cycle
·       Main Counter: 32bit (1T)
·       Trigger Condition: 8 Group,24 bit
·       Software for Win XP, Win 2000, and Win 98
·       Support USB 2.0 communications with computer
2. Optical Spectrum Analyzer

Optical spectrum analyser merupakan sebuah instrumen yang digunakan untuk mengukur defraksi sebuah sinyal yang dihasilkan dari berbagai komponen optik, penguatan, lampu LED, DFB laser, dan Fabry-Pero laser. Optical spectrun analyser menyediakan pengukuran daya optic berbanding dengan panjang gelombang serta fungsi lanjut dari hasil pengukuran dan karakteristik optik itu sendiri.


3. GSM Test

GSM test merupakan piranti yang digunakan untuk menguji sinyal radio GSM. Piranti ini sangat berguna untk menguji adanya kesalahan pada gelombang modulasi GSM pada sebuah piranti komunikasi GSM seperti Handphone, maupun piranti lainnya. Instrumen ini dapat juga digunakan untuk menganalisis yang sekaligus untuk mengetahui daya yang dipancarkannya.

4. CDMA Mobile Test

CDMA mobile test juga seperti halnya pada GSM test merupakan piranti yang berfungsi untuk mengukur sinyal CDMA yang dihasilkan oleh sebuah piranti komunikasi mobile. Piranti ini harus mempunyai akurasi yang tinggi dengan kemampuan pengujian sistem yang tinggi. 

Selain itu harus kompatibel dengan sistem yang ada seperti phone CDMA analog dan IS95. Selain itu juga piranti ini harus bisa menguji telephone mobile AMPS, NAMPS dan TAC yang merupakan telepon analog.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perangkat Uji Lainnya Pada Sistem Telekomunikasi, Pengertian, Fungsi, dan Spesifikasinya."

Post a Comment