Persamaan Rasul dan Sifat-Sifat Rasulullah Saw.

Persamaan Rasul

Islam tidak membedakan antara Rasul yang satu dengan Rasul yang lainnya. Semua Rasul memiliki persamaan-persamaan diantaranya :

1.   Semua Rasul setelah  Nabi Adam as. Adalah sama-sama keturunan Nabi Adam  as., sama-sama merupakan laki-laki yang mulia yang memperoleh wahyu dari Allah.
2.  Semua Rasul itu Ma’shum yaitu selalu terpelihara dan dijauhkan dari segala kejelekan dan kemaksiatan (dosa), sebab mereka dijadikan oleh Allah untuk cermin teladan bagi masyarakat dan umat manusia pada umumnya.

Sifat-Sifat Rasulullah Saw.

Sifat Wajib ada 4 (empat), di antaranya:

1.   Siddiq artinya Benar
2.   Amanah artinya Dipercaya
3.   Tabligh artinya Menyampaikan
4.   Fathonah artinya Pintar (cerdik)

Sifat Yang Mustakhil ada 4 (empat), yaitu:

1.   Kasib artinya Dusta
2.   Khianat artinya Tidak Dipercaya (dengki)
3.   Kistman artinya menyembunyikan
4.   Baladah Artinya ( Bodoh)    

Sebagai manusia, Rasul juga memiliki sifat-sifat manusia pada umumnya. Namun sifat-sifat tersebut tidak mengurangi martabatnya mereka sebagai utusan Allah, juga tidak mempunyai cela yang merendahkan  dirinya, serta tidak mengurangi kedudukan mereka sebagai rasul. Mereka makan, minum, berdagang, berkeluarga, mengalami sakit, susah, gembira dan lain sebagainya.

Firman Allah SWT :


Artinya:  Dan Kami tidak mengutus Rasul-rasul sebelummu, melainkan mereka sungguh memakan makanan dan berjalan di pasar-pasar. Dan kami jadikan sebahagian kamu cobaan bagi sebahagian yang lain. Maukah kamu bersabar?; dan adalah Tuhanmu maha Melihat. (QS. Al-Furqan: 20)

Firman Allah SWT :


Artinya: Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan. Dan tidak ada hak bagi seorang Rasul mendatangkan  sesuatu ayat (mu'jizat) melainkan dengan izin Allah. Bagi tiap-tiap masa ada Kitab (yang tertentu). (QS. Ar Ra’d: 38).

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Persamaan Rasul dan Sifat-Sifat Rasulullah Saw."

Post a Comment