Peralatan, Perlengkapan dan Fungsi Tata Tertib Keselamatan di Kolam Renang

1. Peralatan dan perlengkapan

a.  Pelampung (dapat berbentuk ban atau papan), berfungsi untuk membantu penyelamatan di kolam. Selain itu, dapat membantu proses pembelajaran siswa saat berada di dalam kolam. 
b.   Masker atau goggles (kacamata), berfungsi untuk melindungi mata agar tidak terkena air.
c.  Pelampung kaki bertali (deep-float), berfungsi untuk menjaga posisi kaki agar tetap berada di atas permukaan air.

2. Tata tertib keselamatan

Tata tertib di kolam renang berfungsi untuk menjaga ketertiban dan keselamatan di kolam renang. Oleh karena itu, patuhi semua tata tertib yang ada di kolam renang. Berikut beberapa tata tertib keselamatan selama berada di kolam renang:

a.  Tidak bermain-main di pinggir kolam renang karena permukaan pinggir kolam biasanya licin sehingga mengakibatkan kecelakaan seperti terpeleset.
b.  Lakukan renang bersama teman. Khusus untuk anak kecil harus didampingi orangtua supaya dapat terawasi dan menjaganya pada saat berenang sehingga dapat terhindar dari kecelakaan seperti tenggelam.
c.  Hindari berenang sambil makan atau setelah makan, karena akan mengakibatkan gangguan saluran pernapasan. Aktivitas renang yang baik dilakukan satu jam setelah makan.
d.   Identifikasi tempat yang akan digunakan untuk berenang.

Berenang di kolam renang akan lebih aman apabila tidak terdapat arus yang terlalu deras dan kondisi air kolam terbebas dari bakteri penyebab penyakit. Bakteri penyebab penyakit bisa dikendalikan dengan pemberian kaporit. Selain itu, penggantian atau pembersihan air kolam yang teratur akan lebih meningkatkan kualitas air kolam. Jangan lupa mempergunakan peralatan renang yang sesuai, seperti baju renang, kacamata renang, dan penutup kepala. Selain itu, gunakan lotion untuk menanggulangi gangguan terhadap kulit dan mata.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Peralatan, Perlengkapan dan Fungsi Tata Tertib Keselamatan di Kolam Renang"

Post a Comment