Kelebihan Utama Jaringan Komputer dan Berbagi File, Printer, dan Sumber Daya Lain

Kelebihan utama dari jaringan komputer adalah penggunaan secara bersama berbagai macam sumber daya, seperti: file, printer, media perekam (CD-RW atau DVD-RW), scanner dan lain-lain. Pada bagian berikut ini akan dijelaskan bagaimana berbagi file dan printer. Sumber daya yang lain dapat digunakan secara bersama-sama dengan cara yang tidak jauh berbeda dengan file dan printer.

a.   Berbagi file

Direktori atau file yang ada pada komputer kita dapat diatur agar dapat digunakan oleh komputer lain di dalam jaringan. Demikian pula sebaliknya kita dapat menggunakan direktori atau file pada komputer lain di jaringan. Untuk membagi (share) direktori atau file kita dapat menempuh cara berikut:

Buka Windows Explorer, kemudian klik kanan pada direktori atau file yang akan kita share dan pilih Sharing and Security. Setelah muncul jendela properties, pilih tab Sharing dan pada bagian Network sharing and security cek pada Share this folder on the network dan beri nama untuk direktori yang di-share.

Untuk bisa mengakses direktori atau file di komputer lain, kita bisa membuka Windows Eksplorer kemudian klik pada My Network Places -> Entire Network -> Microsoft Windows Network. 



Kita akan mendapati tampilan seperti pada Gambar 4.50. Dari sini kita bisa melihat sumber daya apa yang dibagi pada masing-masing komputer yang terhubung ke jaringan dengan cara double klik pada nama komputer.

b.   Berbagi printer

Untuk dapat berbagi printer yang ada di komputer, cara yang hampir sama dapat kita lakukan. Pertama kita buka jendela Printers and Faxes dengan cara Start -> Settings -> Printers and Faxes. Setelah jendela terbuka, klik kanan pada printer yang akan di share dan pilih Sharing …. Setelah jendela properties printer terbuka, pilih tab Sharing dan klik pada Share this printer serta beri nama.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kelebihan Utama Jaringan Komputer dan Berbagi File, Printer, dan Sumber Daya Lain"

Post a Comment